Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lima Cara Efektif Hilangkan Jerawat Batu

Hasanatun Aliyah Editor : Widi Kusnadi - 19 detik yang lalu

19 detik yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Jerawat batu atau jerawat kistik adalah jenis jerawat berupa benjolan berukuran besar yang berisi nanah dan meradang. Jerawat satu ini kerap kali menimbulkan rasa sakit saat menyentuhnya.

Seperti dikutip dari Halodoc.com, Sabtu (14/9), umumnya, jerawat batu muncul pada wajah. Namun, bukan tidak mungkin jerawat ini juga bisa muncul pada area tubuh lain, seperti punggung, belakang telinga, dan bagian dada.

Ciri khasnya yaitu benjolan kemerahan yang mengeluarkan nanah saat matang atau pecah. Karena menimbulkan ketidaknyamanan dan menurunkan kepercayaan diri, tidak sedikit orang mencari cara menghilangkan jerawat batu.

Penyebab Jerawat Batu

Baca Juga: WHO Keluarkan Rekomendasi Vaksin Mpox, Cek Daftarnya

Secara umum, penyebab jerawat batu tidak berbeda dengan jerawat yang umum. Masalah kulit ini berawal dari tersumbatnya pori-pori kulit karena kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang berlebih.

Penyumbatan ini membuat bakteri penyebab jerawat lebih mudah untuk berkembang biak.

Tidak hanya itu, kondisi lain yang turut memicu munculnya jerawat batu, yaitu genetik, mudah mengeluarkan keringat, memakai produk skincare atau perawatan wajah yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, serta hormon tubuh yang tidak seimbang.

Namun apa pun penyebabnya, jerawat batu perlu segera mendapatkan penanganan. Sebab, peradangan yang terjadi karena jerawat ini dapat menyebar ke jaringan kulit sekitar dan memicu munculnya jerawat baru.

Baca Juga: Menkes: Produksi Vaksin Dalam Negeri Perkuat Ketahanan Kesehatan Nasional

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Beberapa cara menghilangkan atau mengempeskan jerawat batu menggunakan bahan alami sebagai pertolongan pertama:

1. Menggunakan kompres hangat dan dingin

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama dan paling mudah adalah kompres hangat dan dingin.

Baca Juga: Menkes Sebut Vaksin Cacar Bisa Bentuk Kekebalan terhadap Mpox

Kompres hangat dapat membantu melunakkan benjolan jerawat sehingga nanah dapat lebih cepat keluar dan jerawat bisa segera mengempis.

Selain itu, juga bisa mengompres jerawat batu dengan es batu. Kompres dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

Balut es batu dengan kain sebelum menyentuhkan pada kulit, lakukan bergantian dengan kompres kering. Misalnya, kompres hangat pada malam hari, dingin pada siang hari.

2. Memakai minyak daun teh (tea tree oil)

Baca Juga: Perlu Riset terhadap ‘Susu Ikan’ demi Keamanan

Cara mengempeskan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak daun teh atau tea tree oil.

Sebab, minyak ini memiliki kandungan terpinene yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Kedua sifat tersebut cukup ampuh untuk mencegah munculnya bakteri baru dan mengatasi inflamasi.

Selain efektif untuk mengatasi jerawat, kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari bahan alami ini.

3. Menggunakan pembersih tanpa sabun

Baca Juga: Trend Sleep Hygiene, Pola Tidur Sehat!

Cara mengempeskan jerawat batu dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan produk pembersih yang tidak mengandung sabun. Berbeda dengan sabun tradisional, pembersih wajah nonsabun atau tanpa sabun memiliki risiko efek samping yang lebih rendah.

Alhasil penggunaannya dianggap aman dalam mengatasi jerawat, termasuk jerawat batu.

Produk perawatan wajah ini memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya iritasi serta efek samping lain yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Jika jerawat batu tidak kunjung membaik dengan perawatan wajah alami, bisa melakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terbitkan Surat Edaran Waspada Risiko Mpox

Sebaiknya tidak mengempeskan atau memencet jerawat karena bisa berujung pada peradangan, infeksi, terbentuk keloid atau jaringan parut.

Selain itu, memencet jerawat juga bisa membuat nanah dan kotoran justru masuk semakin dalam. Umumnya, dokter akan merekomendasikan beberapa prosedur medis berikut ini untuk mengempeskan jerawat batu yang mengganggu:

4. Obat antibiotik

Obat antibiotik untuk jerawat memiliki peran utama untuk mengatasi infeksi dan peradangan. Namun, aturan pakai dan dosis obat harus sesuai dengan saran dari dokter sehingga tidak meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Baca Juga: MER-C Latih 35 UPTD Puskesmas Tangerang Selatan Susun RHA

5. Krim khusus jerawat

Selain itu, dokter juga bisa meresepkan salep atau krim sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang efektif. Seperti halnya obat, kamu harus menggunakan krim jerawat ini sesuai dengan anjuran sehingga hasilnya lebih optimal.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan jerawat batu yang efektif, semoga bermanfaat. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan Tubuh

 

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health