Lima Desa Kabupaten Tanggamus , Lampung Terdampak Banjir

Jakarta, MINA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus menyampaikan, banjir yang melanda lima desa di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung pada Selasa (31/8), pukul 03.15 WIB.

Lima desa terdampak banjir ini antara lain Desa Sukaraja, Sedayu, Bangun Rejo, Pardawaras dan Way Kerap.

BPBD melaporkan, hujan deras dengan intensitas tinggi merupakan pemicu terjadinya banjir.

“Hujan terjadi sejak Senin (30/8) sore hari sehingga menyebabkan debit air sungai meluap. Limpasan luapan air sungai merendam kawasan sekitar,” jelas BPBD Kabupaten Tanggamus dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9).

Peristiwa banjir tersebut menyebabkan jebolnya tanggul Sungai Way Sedayu hingga berdampak parah dialami Desa Sukaraja serta memicu terjadinya longsor di sepanjang jalan lintas barat, seperti di beberapa titik Pekon Sedayu dan Sukaraja.

“Tiga titik longsoran juga terjadi di jalan arah Simpang Sedayu. Meskipun demikian, jalur lalu lintas tetap dapat dilalui kendaraan dengan pendekatan buka-tutup,” ujar BPBD.

Selain itu, berdasarkan data yang diterima Pusdalops BNPB menyebutkan, dua rumah warga rusak berat dan beberapa hektar lahan pertanian terendam banjir.

Merespons upaya penanganan darurat, BPBD Kabupaten Tanggamus telah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat setempat guna melakukan pendataan. (R/SR/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.