Lima Pelajar Indonesia Raih Medali Kompetisi Ilmiah Internasional di Tiongkok

Harbin, 16 Syawal 1437/21 Juli 2016 (MINA) – Lima pelajar Indonesia yang dibina oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam ajang International Exibition for Young Inventors (IEYI) 2016 yang digelar di Harbin, Tiongkok  pada 16 – 19 Juli 2016 lalu.

Mereka telah tiba di Indonesia pada Rabu (20/7) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten. Sekretaris Utama LIPI Siti Nuramaliati Prijono mengutarakan rasa bangganya pada kelima pelajar tersebut.

“Mereka sudah melakukan yang terbaik, dan persiapan yang dilakukan sebelum keberangkatan peserta sangatlah membantu untuk memberikan gambaran  proses penjurian dan mempersiapkan mental peserta,” terang Siti, laman LIPI dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Siti menambahkan bahwa keberhasilan lima pelajar ini menjadi indikator peningkatan kualitas peneliti remaja di Indonesia.

“Kita harus dapat terus meningkatkan kualitas peneliti remaja dengan kompetisi sejenis di Indonesia seperti National Young Inventor Award (NYIA), sehingga mereka nantinya akan terbiasa berkompetisi dan tertarik pada riset,” jelas Siti.

Kepala Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan, prestasi membanggakan ini diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk tertarik pada penelitian sehingga di masa depan Indonesia dapat memiliki remaja yang cerdas dan inovatif.

Singapore dan Special Award from Thailand. “Diharapkan hasil penelitian mereka dapat bermanfaat dan diaplikasikan di Indonesia,” ujar Nur.

IEYI merupakan kompetisi ilmiah remaja internasional yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan penemuan dan untuk meningkatkan konsep orisinalitas untuk pengembangan invensi, inovasi dan kegunaan ide asli. Setiap tahunnya, IEYI diadakan di negara-negara anggota secara bergantian.

Pada penyelenggaraan tahun ini, terdapat enam kategori yang dilombakan yaitu disaster management, education and recreation, foods and agriculture, green technology, safety and health, sertatechnology for special needs. (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)