LIPI Kirim Pemenang Karya Tulis Ilmiah Remaja ke Kongres di India

(Foto: Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas )

Baramati, 29 Rabi’ul Awwal 1439/29 Desember 2016 (MINA) – Sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kapasitas remaja di bidang penelitian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan dukungan ASEAN- Fund (AIF) dan ASEAN-India S&T Development Fund (AISTDF) berpartisipasi dalam acara 24th National Children’s Science Congress (NCSC) di Baramati, Pune, India pada Selasa-Sabtu (27-31/12).

LIPI mengirimkan tiga delegasi dari pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI Tahun 2016, mereka adalah Ananda Aulia Parahita dan Kartika Fathma Dewi (pemenang III LKIR Tahun 2016 Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik), Aiman Hilmi Asaduddin dan Muhammad Farhan (Pemenang I LKIR Tahun 2016 Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati), dan Muchammad Faris dan Jesica Rahmaningrum (Pemenang II LKIR Tahun 2016 Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim).

Berlokasi di Vidya Pratishthan’s Institute of Information Technology, NCSC  mempunyai misi mengembangkan kreatiftas dan inovasi anak-anak dan remaja India dengan rentang usia 10-17 tahun untuk menangani masalah sosial yang dihadapi dengan menggunakan sains.

Kegiatan ini juga diikuti peserta dari negara-negara ASEAN serta beberapa negara Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain.

“NCSC adalah upaya untuk membentuk lingkungan ilmiah bagi remaja, sehingga sains dapat mempunyai arti bagi hidup mereka maupun masa depan yang lebih baik,” kata Union Minister of Science & Technology, Earth Sciences India, Harsh Vardhan.

Sedangkan anggota parlemen dari Partai Kongres India, Supriya Sule menyatakan dalam laman resmi LIPI yang dikutip MINA, pihaknya sangat senang dan sangat menghargai kehadiran delegasi dari nengara-negara yang diundang.

“Saya mengharapkan agar acara ini bisa sebagai ajang untuk memupuk kecintaan anak-anak terhadap sains,” ujarnya.

Selama satu minggu penuh, kegiatan ini diisi dengan berbagai rangkaian acara seperti workshop robotika, pertunjukan sains, temu remaja dengan peneliti-peneliti kompeten, pameran hasil penelitian pelajar dan industri di India, dan pentas seni budaya dari perwakilan 20 negara bagian India maupun perwakilan negara-negara ASEAN. (T/R09/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.