Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XX: Peran Riset COVID-19

Lailatul Mukarromah - Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:25 WIB

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:25 WIB

15 Views

Jakarta, MINA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan  “LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XX” pada Jumat (28/8) yang berjudul “Peran Riset COVID-19 untuk Indonesia Maju”.

Sebagai tradisi keilmuan sekaligus puncak rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-53, kali ini LIPI memberikan kehormatan kepada Prof. dr. Herawati Supolo-Sudoyo, Ph.D., dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman untuk menyampaikan lecture.

Penggunaan nama “Sarwono” untuk lecture ini dimaksudkan untuk mengenang jasa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo, Kepala LIPI yang pertama, atas dedikasinya dalam membangun dan melembagakan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Forum ilmiah yang telah berlangsung sejak tahun 2001 ini merupakan salah satu bentuk penghargaan LIPI terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia

Baca Juga: Prediksi Cuaca Akhir Pekan: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan 

Prof. Herawati Supoyo-Supolo saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekul Eijkman di Jakarta. Ia juga menjabat sebagai Ketua Komisi Ilmu Kedokteran dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

Ia menyampaikan bahwa untuk memahami pandemi baru Covid-19, kita harus belajar dari kejadian yang sama yang pernah terjadi sebelumnya, yaitu pandemi influenza pada 1918.

“Kita harus mencari tahu, memahami, dan menganalisis. Itu akan memperkuat pendalaman kita mengenai situasi saat ini dan cara penanganannya,” ujar Hera.⁣

“Pandangan dan serta pengalaman panjang Prof. Herawati dalam bidang biologi molekuler serta penelitian dasar mengenai SARS-CoV-2 akan memberikan inspirasi bagi peneliti-peneliti Indonesia, baik dari sisi ilmiah maupun sebagai panduan bagi kita untuk menghadapi tantangan wabah COVID-19 yang menjadi permasalahan berbagai bangsa di dunia,” ucap Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Baca Juga: Periset BRIN Jadi Ilmuwan Top Dunia

Hera, perempuan kelahiran Pare Kediri, 2 September 1951 ini biasa disapa, merupakan salah satu pemrakarsa Asosiasi Genetika Manusia Asia Pasifik (APSHG), pemrakarsa dan presiden pertama Asosiasi Biorisiko Indonesia, serta anggota dari berbagai perkumpulan internasional seperti Pan Asian SNP Initiative yang memetakan pertama kali genetik manusia Asia.

Dalam bidang publikasi ilmiah, saat ini Hera telah mencatatkan 1901 situasi terindeks Scopus dan 2495 sitasi di Google Scholar. Setelah memperoleh gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Hera melanjutkan studi Magister Sains di almamaternya tersebut. Gelar Ph.D dalam bidang Biokimia/Biologi Molekul diraih tahun 1990 dari Monash University, Melbourne, Australia. Proyek penelitian doktoralnya berfokus pada penyakit yang disebabkan oleh kelainan organel sel yang disebut mitokondria.

Peraih Habibie Award untuk Ilmu Kedokteran dan Teknologi ini melanjutkan ketertarikannya dalam bidang genetika molekul menggunakan genom mitokondria sebagai marka populasi. Dengan memanfaatkan keragaman populasi etnik Indonesia, kegiatan riset diperluas dengan fokus mempelajari keanekaragaman genetik yang berkaitan dengan ketahanan maupun kerentanan terhadap penyakit dalam proyek besar Indonesian Genome Diversity Project (IGDP).

“Lembaga Eijkman juga terlibat dalam proyek kolaborasi Genom Asia, menggunakan whole genome sequencingyang mengarah pada pengembangan kedokteran presisi di masa depan,” kata Hera. (R/R11/P1)

Baca Juga: Gubernur Jambi Al Haris Melayat ke Rumah Duka Prof Asad Isma

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Indonesia
Internasional
Indonesia