Lokakarya Kepenulisan MYF-PII Hadirkan Dubes Hery Saripudin

Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Muslim Youth Forum on International Issues (MYF) dan Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII) menyelenggarakan acara sesi berbagi dan lokakarya kepenulisan “MYF Sharing Sessions and Workshop on Writing Skills” pada Sabtu (4/7) di Media Center Al-Irsyad Jakarta Pusat dengan mengundang Duta Besar (Dubes) DR. M. Hery Saripudin.

Dubes Hery Saripudin sebelumnya sebagai Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Arab Saudi, Periode 2016-2019, kini ditunjuk sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Kenya merangkap Republik Demokratik Kongo Republik Mauritius, Republik Seychelles, Republik Federal Somalia, Republik Uganda dan Perwakilan Tetap untuk UNEP dan UN-HABITAT, berkedudukan di Nairobi.

Dubes Hery mengatakan,media memiliki peran yang sangat penting dalam menguatkan hubungan masyarakat di negara-negara kawasan Asia dan Afrika.

Dia mengatakan diplomasi masa kini dapat dilakukan dengan cara diplomasi siber. “Artinya, diplomasi tidak hanya dapat dilakukan oleh para eksekutif, tapi juga para akademisi, pengusaha, bahkan media massa yang sebenarnya turut menentukan jalannya diplomasi antar negara,” ujarnya

Dubes Hery mengharapkan para pemuda Islam dapat mengemban tugas dalam diplomasi siber ini. “Yang perlu diperhatikan adalah tugas seorang jurnalis sejatinya selalu menyebarkan karya optimisme dan positif serta sangat menghindari Hoax,” pungkasnya.

Direktur Eksekutif MYF Mohammad Anthoni yang juga menjadi pembicara dalam lokakarya kepenulisan yang dihadiri perwakilan organisasai pemuda Islam dan akademisi muda Muslim ini mengharapkan, kegiatan lokakarya kepenulisan yang digagas MYF ini setiap peserta memahami memahami wawasan isu-isu internasional yang sedang hangat .

Dia juga menjelaskan, kegiatan yang akan rutin digelar ini juga bertujuan untuk mencetak jurnalis Islam yang profesional, yang merujuk pada nilai jurnalisme kenabian.

“Ini jadi sesi pertama. Insya Allah sesi kedua akan diadakan pada Sabtu, 11 Juli 2020 di Media Center Al-Irsyad Jakarta Pusat. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak. Aamiin,” kata Direktur Eksekutif MYF Mohammad Anthoni.(L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)