Lollesgaard Ditunjuk Jadi Kepala Misi Pengamat PBB yang Baru di Yaman

New York, MINA – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada Rabu (30/1) mendukung penunjukan mantan jenderal Denmark Michael Lollesgaard sebagai kepala misi pengamat PBB di Yaman yang dilanda perang.

Menurut laporan Arab News, Kamis (31/1), Lollesgaard akan menggantikan Patrick Cammaert, jenderal Belanda yang telah dipindahkan sebulan lebih yang lalu untuk memimpin misi di kota Pelabuhan Laut Merah Hodeida.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan dalam sebuah surat yang dikirim kepada dewan keamanan pada Senin (28/1), ia berencana untuk menunjuk Lollesgaard dan memberi waktu 48 jam kepada dewan mengajukan nota keberatan.

“Tidak ada keberatan yang diajukan sebelum batas waktu Rabu,” kata para diplomat di DK PBB.

Sebelumnya, Lollesgaard ditunjuk untuk memimpin pasukan penjaga perdamaian PBB di Mali (MINUSMA) sejak 2015 hingga 2016. Ia juga pernah menjadi perwakilan militer Denmark untuk NATO dan Uni Eropa pada 2017 lalu.

Awal bulan ini, DK PBB menyetujui penempatan Lollesgaard selama enam bulan di Yaman untuk menopang gencatan senjata yang rapuh dan mengawasi penarikan mundur pasukan Amerika Serikat (AS) dari Hodeida.

Pelabuhan Hodeida adalah titik masuk bagi sebagian besar pasokan barang-barang impor dan bantuan kemanusiaan Yaman, yang menyediakan jalur kehidupan bagi jutaan orang yang menderita kelaparan.

Utusan PBB untuk Yaman Martin Griffiths akan memberikan informasi kepada DK PBB secara rahasia pada Kamis (31/1) tentang upayanya untuk mendorong pemerintah Yaman yang didukung Saudi dan pemberontak Houthi untuk mematuhi perjanjian gencatan senjata yang dicapai di Swedia bulan lalu. (T/Haf/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)