Lomba Pacuan Kuda Tradisional Gayo Dibuka

Foto: MINA

Bener Meriah, Aceh, MINA – Dalam rangka memperingati milad ke-14, Kabupaten Bener Meriah, hari ini, senin (08/01), pembukaan lomba tradisional akan segera dimulai.

Bupati Bener Meriah, Ahmadi, SE menyatakan, pengecekan menjelang pembukaan lomba pacuan telah dilaksanakan beberapa kali.

Ia menambahkan, menjelang pembukaan yang akan dilaksanakan pada pukul 10.30 wib hari ini semuanya berjalan dengan lancar.

Dari pantauan MINA, sejumlah fasilitas perlombaan telah dipersiapkan panitia. Lapangan pacu telah disterilisasi dari benda-benda yang dapat membahayakan joki dan kudanya, tribun penonton juga telah dirapihkan demikian pula penertiban sejumlah lapak pedagang yang mengitari arena pacuan di sisi timur dan selatan selesai dilaksanakan.

Terlihat pula sejumlah aparat gabungan TNI/Polri yang telah diinstruksikan untuk terlibat menjaga keamanan dan ketertiban acara

Untuk memeriahkan suasana perlombaan sekaligus memajukan ekonomi rakyat, Pemkab. Bener Meriah sengaja menyediakan sejumlah stand dan lapak bagi para pedagang.

Para pedagang itu bahkan telah mulai beroperasi di arena pacuan kuda seminggu seminggu sebelum pembukaan lomba dimulai. Pedagang makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga pengelola jasa hiburan anak-anak turut mewarnai kemeriahan perlombaan pacuan kuda tersebut.

Para pedagang ini bukan hanya berasal dari Kabupaten Bener Meriah saja. Namun, ada yang dari luar kabupaten, bahkan sejumlah pedagang dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat sengaja datang untuk ikut serta memeriahkan suasana Milad Bener Meriah.

Di samping itu, uniknya perlombaan pacuan kuda kali ini, Bupati Bener Meriah telah mengeluarkan instruksi agar suasana perlombaan lebih mengedepankan Syariat Islam dan menjunjung tinggi sportivitas.(L/Habibi/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.