Lomba Video Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di Masa Pandemi

Jakarta, MINA – Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama akan mengadakan pendek bertajuk  “Layanan KUA di Masa Pandemi Covid-19”.

Kasubdit Bina Kelembagaan Kantor Urusan Agana (KUA)) Ditjen Bimas Islam, Nur Afwa Sofia mengatakan, panitia menyiapkan hadiah total mencapai Rp316 juta. Tahap pendaftaran sudah dibuka dan akan berlangsung hingga 15 September 2020.

“Masih ada waktu bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba video pendek layanan KUA di masa Pandemi Covid-19. Saat ini sudah ada 120 video yang kami terima,” kata Kasubdit Bina Kelembagaan KUA, Ditjen Bimas Islam, Nur Afwa Sofia di Jakarta, Kamis (27/8), demikian keterangan yang diterima MINA.

Lomba ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu: Pegawai KUA, Jurnalis, dan masyarakat umum. Untuk kategori jurnalis, juara satu akan mendapat hadiah sebesar Rp25 juta, lalu Rp20 juta untuk juara dua, dan Rp17 juta bagi pemenang ketiga.

“Besaran hadiah untuk tiap kategori berbeda. Kategori KUA bahkan dibagi lagi menjadi tiga sub kategori. Informasi lengkap terkait lomba ini dapat dilihat pada laman bimasislam..go.id,” ujar Nur Afwa.

Selain juara 1, 2, dan 3, lanjutnya, ada juga kategori video favorit. Panitia akan memberikan apresiasi untuk tiga video favorit pada tiap kategori sebesar Rp3,5 juta.

“Tiga video favorit di masing-masing kategori adalah video yang mendapat viewers terbanyak di media sosial di luar juara 1, 2, dan 3,” imbuhnya.

Masyarakat dapat memilih empat sub tema dalam perlombaan ini, yaitu: (1) Layanan Nikah pada Masa Covid-19; (2) Suka Duka Penghulu dalam Melayani Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19; (3) Inovasi Layanan KUA pada Masa Pandemi Covid-19; dan (4) Sembilan Layanan KUA pada Masa Covid-19.

Nur Afwa berharap perlombaan ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyebarluaskan informasi mengenai layanan KUA, terutama di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap lomba ini dapat meningkatkan sinergitas antara KUA, masyarakat, dan juga jurnalis dalam menginformasikan program dan layanan KUA, terutama di masa pandemi Covid-19 yang memang penuh dengan tantangan,” ujarnya. (R/R8/P1)0)

Mi’raj News Agency (MINA)