Longsor Timbun 34 Rumah Warga di Sukabumi

, MINA – kembali menimbun sekitar 34 rumah dan menimbulkan korban jiwa di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Senin (31/12) pukul 17.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Sirnaresmi menyebabkan volume air permukaan di area hutan dan persawahan meningkat.

“Jenuhnya air menyebabkan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun sekitar 34 rumah kampung adat bagian bawahnya yaitu di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima MINA.

Sutopo mengatakan, BPBD Kabupaten bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban. Pendataan masih dilakukan untuk memastikan jumlah korban dan rumah yang tertimbun longsor.

“Data sementara diperkirakan delapan orang tertimbun longsor, empat orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia, empat korban lainnya masih dalam upaya evakuasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, upaya evakuasi saat ini dihentikan terlebih dahulu dan akan dilanjutkan besok pagi. Mengingat kendala cuaca hujan dan gelap karena malam. Selain itu listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit.

Menurut Sutopo, akses jalan menuju lokasi longsor yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi.

BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat.

“Masyarakat yang ingin mengetahui info lebih lanjut dapat menghubungi: TRC BPBD Kab. Sukabummi Bpk. Rahmawan via tlp. 081311146733 & Polmas Bogor Raya Bpk. Agus Priyo via tlp. 0895338321257,” katanya. (L/Ais/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.