LPPOM MUI AKAN KEMBALI GELAR PAMERAN HALAL INTERNASIONAL

Photo: Halal MUI
Foto: Halal MUI

Jakarta, 13 Dzulqa’dah 1436/28 Agustus 2015 (MINA)Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) akan kembali menggelar Indonesia International Halal Expo (INDHEX).

Agenda rutin tahunan LPPOM MUI itu akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 30 September – 3 Oktober 2015 mendatang, dan dibuka setiap hari pada pukul 09.00 s.d. 20.00 WIB.

Indonesia International Halal Expo (INDHEX) dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang halal. INDHEX tahun 2015 ini lebih mengarah pada penyediaan sarana bagi transaksi pasar halal global sebagai Bisnis to Bisnis Expo.

Selain pameran produk halal aneka rangkaian kegiatan dalam INDHEX yang kelima kalinya itu antara lain simposium, workshop, dan pelatihan halal internsional; Konferensi Komunitas Halal; Hijab Talent Search; Talkshow dan Halal Award.

LPPOM MUI mengharapkan INDEX 2015 yang akan diikuti produsen halal dari dalam dan luar negeri dan lembaga sertifikasi halal luar negeri itu akan menjadi salah satu platform promosi industri produk halal di Indonesia.

Para stakeholder dan perusahaan bersertifikat halal dapat menjadikan INDHEX 2015 ini sebagai sarana dalam mensososialisasikan dan mempromosikan produk halalnya kepada konsumen sekaligus mendorong industri nasional.

Trend konsumsi muslim secara global saat ini, terus bertumbuh dan diperkirakan menjadi USD 1.626 miliar pada tahun 2018 atau sekitar 17,4 persen dari total konsumsi dunia.

Dari total nilai konsumsi muslim global tersebut, di Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar sangat berperan sekitar USD 197 millar.

Melihat begitu besarnya potensi konsumsi muslim global di Indonesia, sebagai lembaga sertifikasi halal satu-satunya di Indonesia.

Saat ini, harus dapat mendukung dan menyediakan produk yang terjamin kehalalannya terutama bagi konsumen Muslim Indonesia karena Indonesia juga menjadi pasar besar produk impor baik pangan, obat, kosmetik dan barang gunaan lainnya.

Ajang Tahunan

INDHEX merupakan program regular tahunan yang digelar oleh LPPOM MUI bekerjasama dengan beberapa kementerian dan lembaga halal internasional.

INDHEX pertama kali dilaksanakan 24-26 Juni 2011 di Gedung SMESCO Jakarta, diikuti oleh 128 perusahaan dari dalam & luar negeri dengan jumlah pengunjung 8.316 orang. INDHEX 2012 digelar pada 5-8 Juli 2012 di tempat yang sama.

Pada tahun 2013 INDHEX di gelar di lokasi yang sama dengan tahun ini diikuti 150 perserta dalam dan luar negeri. Dihadiri 12.285 pengunjung, yang terdiri dari eksportir, distributor ritel, hotel dan restoran, industri perbankan, institusi pemerintah, lembaga halal dunia, agen dan professional.

INDHEX 2014 berlangsung 22-25 Oktober 2014 akan diisi dengan berbagai acara. Di antaranya adalah Global Halal Forum, simposium, pelatihan, talkshow dan kompetisi halal, serta Hijab Talent Search. Ada pula pameran produk-produk halal yang diisi sekitar 150 stand perusahaan bersertifikat halal MUI, baik dari dalam maupun luar negeri.(T/P002/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0