LSM MEDIS TURKI BUKA CABANG DI GAZA

Haniyah
Haniyah
Sumber : Alray

Jalur Gaza, 12 Jumadil Akhir 1436/1 April 2015 (MINA) – Sebuah LSM medis Turki telah membuka cabang di Jalur Gaza dengan tujuan membantu melengkapi sektor medis di wilayah Palestina yang terblokade itu.

“Hari ini, kita membuka cabang asosiasi kami di Gaza – diblokade dari udara, darat dan laut – yang akan sangat menguntungkan rumah sakit dan sektor medis [lokal],” kata Orhan Alimoglu, kepala Komunitas Earth Dokter   kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

“Kami sangat senang mengenai pembukaan cabang kami di Gaza, sebuah prestasi yang memungkinkan bantuan dari para donatur di Turki dan lainnya,” tambahnya pada upacara pembukaan beberapa waktu lalu.

Alimoglu mengatakan kemungkinan LSM akan mengirimkan dokter dari Turki ke Gaza untuk kasus-kasus yang harus segera ditangani di mana dokter Gaza tidak bisa mengobati atau kompetensi yang dibutuhkan tidak tersedia di wilayah itu.

Dia menambahkan, LSM Earth Dokter juga akan mendukung lembaga-lembaga medis Gaza dengan infrastruktur, peralatan medis dan obat-obatan.

Otoritas Pendudukan telah memblokade Jalur Gaza sejak 2007, saat faksi Palestina menguasai wilayah itu, Blokade telah menjadikan penderitaan sekitar 1,9 juta penduduk Gaza dengan kehilangan keperluan paling pokok.

Beberapa LSM amal dan organisasi kemanusiaan Turki , yang menawarkan bantuan kepada warga pejuang di wilayah pesisir pantai, sudah memiliki cabang di Jalur Gaza.

Sebelumnya, Lembaga Kemanusiaan IHH (İnsan Hak ve Hürriyetleri ve İnsani Yardım Vakfı) Turki, namanya sudah dikenal di berbagai belahan dunia, terutama sejak terjadinya tragedi berdarah serangan Israel ke atas kapal Mavi Marmara tahu 2010, yang menewaskan 9 aktivis asal Turki dan melukai ratusan lainnya, sudah mendirikan cabangnya di Gaza sejak 2009 lalu.(T/P004/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0