Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lulus Pelatihan USAR, 31 Personel UAR akan Dilatih Instruktur Prancis

Widi Kusnadi Editor : Arif R - Selasa, 13 Agustus 2024 - 06:04 WIB

Selasa, 13 Agustus 2024 - 06:04 WIB

131 Views

Pelatihan USAR oleh Ukhuwah Al-Fatah Rescue (foto: UAR)

Bogor, MINA – Setelah dua hari mengikuti pelatihan Urban Search and Rescue (U-SAR) di Jakarta Rescue, 31 personel Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) dinyatakan lulus semua dan siap mengikuti pelatihan berikutnya dengan instruktur  internasional (Prancis) pada September 2024 mendatang.

“Berdasarkan penilaian secara personal sejak Jumat hingga Ahad, setelah kami musyawarahkan dengan rekan-rekan panitia, 31 peserta pelatihan USAR kami nyatakan lulus semua,” kata Ketua Umum UAR , H. Endang Sudrajat saat penutupan Pelatihan Urban SAR di Bogor Ahad sore (11/8).

Meski lulus seleksi namun ia berharap semua personel USAR tetap menjaga kebugaran tubuh dengan tetap berolah raga tiap pagi dan terus meningkatkan kualitas diri dengan menambah ilmu.

“Kami minta komitmennya untuk terus disiplin berolah raga, menambah ilmu dan nanti akan dibuatkan Group WhatsApp Tim USAR 2024 oleh Mas Fidianto,” ujar Endang Sudrajat.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Akhir Pekan Diprediksi Berawan

“Kalian nilai rata-ratanya delapan, lulus semua dan September besok kalian akan menerima pelatihan yang lebih tinggi dari instruktur internasional Prancis,” tambah Ketua Jakarta Rescue Dr. Hadianto.

Pada kesempatan yang sama Mentor Perancis Christopher Bezzazi yang akan memberikan pelatihan kepada Tim USAR UAR pada September besok menyampaikan pesan via telepon kepada Ketua Jakarta Rescue, bahwa dia dan Timnya akan memberikan empat materi pelatihan, yaitu Drone, Medical, USAR dan Logistic.

“Kami minta agar Tim USAR yang dilatih Jakarta Rescue ini dibagi dua tim, satu tim logistik dan satu tim droning untuk kami persiapkan segala keperluan pelatihan dan skenarionya,” kata Christopher dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan oleh Ketua Jakarta Rescue, Hadianto.

Para personel UAR yang lulus Pelatihan Urban SAR’24 masing berasal dari Korwil Jabodetabek-Banten 15 orang, Cileungsi dua orang, Jawa Barat enam orang, Lampung empat orang, Banyumas (raya) dua orang dan Jawa Tengah (utara) dua orang.

Baca Juga: Libur Panjang Maulid, Jasa Marga Prediksi 627.000 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Menurut Ketua Umum UAR, Tim USAR tersebut akan digenapkan menjadi 40 orang yang nanti akan mengikuti pelatihan dengan instruktur PUI Prancis. Sembilan personel akan mengikuti pelatihan menyusul di Jakarta Rescue sebelum bergabung dengan 31 orang yang telah lulus Pelatihan USAR terlebih dahulu.

Pembina UAR H Abdul Malik (Bustamin Uce) sebelum menutup pelatihan Urban SAR mengingatkan para peserta pelatihan Urban SAR agar bersyukur kepada Allah subahanahu wa ta’ala dengan menjaga ilmu yang telah diserap, terus menjaga kesehatan tubuh dan mengamalkan ilmu yang didapat untuk kemaslahatan umat manusia.

“Saudara-saudara sudah menjadi kelas dunia dengan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh Jakarta Rescue,” kata Bustamin Uce.

Dikatakan, tidak semua organisasi kebencanaan yang dilatih seperti Tim UAR oleh Jakarta Rescue. “Oleh karena itu jika saudara-saudara tidak bersyukur maka akan rugi sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga: Yayasan Askara Hadirkan Program We CAN Farming untuk Generasi Pencinta Kebun

PUI (Pompers Urgence International) Merupakan organisasi SAR Perancis Pertama dan ke-20 di dunia yang. mendapatkan lisensi USAR FRa-01 oleh PBB sebagai Tim SAR internasional (kategori menengah) dibawah INSARAG.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MUI: Ulama Punya Peran Penting dalam Menghadapi Krisis Perubahan Iklim

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia