Lulusan SMA Lanjut Ke Perguruan Tinggi Masih Minim

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kemdikbudristek Abdul Haris dalam acara Halal BI Halal di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (17/4/2024) (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kemdikbudristek Abdul Haris menyebut, hingga saat ini jumlah siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diterima di masih minim.

“Jumlah siswa yang lulus SMA hampir 3 juta, sementara yang diterima di perguruan tinggi hanya 800 ribuan,” ujar Haris di Jakarta, Rabu (17/4).

Untuk itulah, Haris berjanji akan ada kebijakan atau program-program agar lebih banyak lagi lulusan SMA yang bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

“Nah bagaimana ini nanti ada program-program yang akan menjadi kebijakan untuk perluasan akses terhadap lulusan SMA,” kata Haris yang dilantik menjadi Dirjen Diktiristek pada 15 Maret 2024 lalu itu.

Dalam kepemimpinannya di Diktiristek, Haris siap melanjutkan dan mengakselerasi capaian yang telah ditorehkan Dirjen sebelumnya.

Menurutnya yang menjadi permasalahan perguruan tinggi hingga saat ini adalah kesenjangan akses dan kualitas. Sehingga dua hal ini akan menjadi fokus dari kepemimpinan ke depan. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.