Maariv: Negosiasi Gencatan Senjata Hamas-Israel Temui Jalan Buntu

Gaza, MINA – Surat kabar Ibrani, Maariv pada Ahad (4/7), melaporkan, negosiasi gencatan senjata antara Hamas dan pendudukan Israel yang ditengahi Mesir menemui jalan buntu setelah hampir satu setengah bulan upaya untuk membujuk kedua belah pihak menghentikan eskalasi.

Maariv mengatakan, otoritas pendudukan Israel bersikeras menghubungan file rekonstruksi dengan pembebasan tentaranya yang ditahan di Gaza, namun sebaliknya gerakan perlawanan Islam Hamas menginginkan kedua file tersebut dipisahkan.

Surat kabar tersebut mengutip seorang pejabat tinggi keamanan Israel, perbedaan antara Israel dan Hamas sangat besar, sehingga memperumit negosiasi, apalagi ditambah dengan peluncuran balon pembakar dan serangan udara Israel ke Gaza baru-baru ini.

Akibatnya, ketegangan akan berlanjut selama beberapa hari mendatang kecuali ada kemajuan nyata dalam negosiasi, menurut “Maariv“.

Dinas keamanan Israel melakukan persiapan untuk menghadapi beberapa skenario, yang paling penting adalah kemungkinan tembakan roket dari Gaza menuju pemukiman Israel.

Sementara itu, jurnalis Radio Tentara Israel Doron Kadosh mengatakan, “Jika Hamas ingin menggunakan balon pembakar sebagai pesan untuk mendapatkan fasilitas, itu adalah metode yang tidak tepat. (T-K-G/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.