Mabit Forum Halaqah Quran Al-Madinah Dimeriahkan Kajian Buku Terbitan Kantor Berita MINA

Jakarta, MINA – Forum Al-Madinah akan menggelar kegiatan (Malam Bina Iman dan Takwa) di awal bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah pada Sabtu-Ahad, 25-26 Maret 2023 bertepatan dengan 3-4 Ramadhan 1444 H, di Masjid Al-Madinah, kawasan Zona Madina Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mabit yang merupakan rangkaian program Ramadhan DKM Masjid Al-Madinah bekerja sama dengan dan didukung Kantor Berita MINA ini mengambil tema besar “Ramadhan Momen Pembentukan diri menjadi Pribadi Aktif, Progresif, dan Energi Berfastabiqul Khairat menggapai Ridho dan Cinta Illahi Rabbi.”

Ketua Panitia Ramadhan 1444h Masjid Al-Madinah, kawasan Zona Madinah Dompet Dhuafa, Ilham Maulana, menjelaskan, Mabit ini akan dimeriahkan berbagai acara seperti Lomba MTQ, Lomba Rangking 1 FHQ, Lomba Membuat Soal Tajwid, serta buka puasa bersama, sahur bersama, qiyamul lail, dan sholat subuh berjamaah.

“Kegiatan ini diadakan untuk santri FHQ guna menambah ilmu dan wawasan untuk giat belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar,” kata Ilham kepada MINA, Jumat (24//3).

Kantor Berita MINA  akan mengadakan kajian buku “Mutiara Al Qur’an untuk Kesehatan” karya Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur pada kajian selepas ifthar berjamaah di Masjid Al-Madinah, kawasan Zona Madina Parung Bogor, pada Sabtu (25/3).

Koordinator Penerbitan Buku MINA Publishing House Rana Setiawan mengatakan, buku tersebut merupakan hasil tadarus Al-Quran penulis selama bulan Ramadhan 1442 H bersama para ikhwan di masjid, yang beberapa kali khatam selama bulan Ramadhan.

“Pada tadarus tersebut menggunakan mushaf Al-Quran As syifa. Keistimewaan mushafnya pada ayat-ayat tertentu diberikan penjelasan berhubungan dengan masalah kesehatan,” jelasnya.

“Pada akhirnya termotivasi untuk menulis, dengan referensi utama mushaf As syifa di samping kitab-kitab dan buku lain, juga ada dari sumber internet. Dan buku ini membahas ilmu tentang masalah kesehatan dari surah Al-Baqarah,” tambahnya.

Profil FHQ

FHQ menjadi program unggulan di Majid Al-Madinah untuk pembelajaran Al-Quran bagi jamaah orang tua yang sudah berjalan selama lebih dari empat tahun.

FHQ ialah salah satu program untuk belajar membaca, membenarkan dan meghafal Al-Quran bagi masyarakat dewasa khususnya di usia antara 17-65 tahun.

FHQ Al-Madinah sudah berdiri dari tahun 2017 dengan jumlah santri yang masih sedikit pada awalnya. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, FHQ Al-Madinah sudah semakin dikenal oleh masyarakat luas di Kabupaten Bogor.

Masjid Al-Madinah merupakan sarana ikonik Dompet Dhuafa yang dibangun dalam kawasan Zona Madina Parung Kabupaten Bogor. Tidak hanya untuk sarana menunaikan ibadah shalat, Masjid ini juga dibangun untuk menjadi pusat aktivitas sosial dakwah Islam.

Dalam perjalannya yang masih muda, FHQ Al-Madinah sudah sangat terasa kebermanfaatannya untuk jamaah Masjid Al-Madinah. Tidak hanya yang tinggal disekitar Masjid Al-Madinah, jamaah yang ikut belajar di FHQ berasal dari empat kecamatan yang berada disekitar Masjid Al-Madinah, yaitu Kecamatan Parung, Kemang, Tajur halang dan Ciseeng.

Metode pembelajaran yang diajarkan di FHQ juga sangat baik, dengan pembagian beberapa kelas sesuai dengan kemampuan santri pada saat tes awal pendaftaran FHQ Al-Madinah. Mulai dari kelas yang baru belajar iqra sampai kelasTahfidz.

Tidak sampai di sini, santri-santri yang telah lulus dalam program FHQ ini akan menjadi regenerasi pengajar di FHQ Al Madinah sendiri maupun di tempat pembelajaran Al Quran di luar Al-Madinah.

Program Mingguan antara lain Kajian Majlis Taklim Al-Madinah setiap hari Jumat, Forum Halaqah Quran (FHQ) di setiap Sabtu dan Ahad, dan Safari Dakwah setiap pekan sekali.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.