Macron: Rakyat Suriah Harus Miliki Suara untuk Tentukan Masa Depan

Istanbul, MINA – Presiden Perancis mengatakan pada hari Sabtu (27/10) bahwa rakyat harus memiliki suara untuk menentukan masa depan mereka.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kanselir Jerman Angela Merkel saat Konperensi Tingkat Tinggi mengenai Suriah di Istanbul, Macron menggarisbawahi pentingnya gencatan senjata permanen dan berkelanjutan di Idlib, Suriah.

“Ini bukan urusan kami untuk memutuskan tentang Suriah, tetapi kami dapat membantu warga Suriah membuat keputusan tentang masa depan mereka,” ujar Macron. Anadolu Agency melaporkan.

Ia menyatakan bahwa kondisi Suriah untuk memilih dan menentukan masa depan mereka sendiri perlu dibentuk dalam kerangka konstitusi.

Macron mengatakan restrukturisasi Suriah yang inklusif sangat penting.

Ia juga menegaskan, penggunaan senjata kimia baik di kawasan ini dan bagian lain dunia tidak dapat diterima terlepas dari siapa yang menggunakannya.

Konflik dahsyat Suriah dimulai pada tahun 2011 ketika Pemerintah Assad menindak keras para demonstran. Ratusan ribu warga sipil tewas dalam konflik terutama oleh serangan udara  yang menargetkan daerah-daerah yang dikuasai oposisi, sementara jutaan lainnya mengungsi.

Assad dituduh berkali-kali menargetkan warga sipil Suriah dengan senjata kimia. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.