Mahasiswa Indonesia di India Masih Sedikit

Duta Besar untuk Sidharto R. Suryodipuro. (Foto: Nidiya/MINA)

Jakarta, MINA – Duta Besar Indonesia untuk India Shidarto R Suryodipuro mengatakan, saat ini mahasiswa Indonesia di India masih sedikit, hanya sekitar 150 orang.

“Hal itu dikarenakan masih banyak yang melihat India dari satu sisi saja, misalnya hanya ingat dengan film Bolywood-nya atau dengan hal-hal yang terlihat kurang baik saja,” ujar Shidarto pada acara jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (14/2).

“Justru di bidang pendidikan, India itu dikenal dengan tiga hal; IT, keuangan, dan manajemennya,” ujarnya.

Shidarto menambahkan, mahasiswa Indonesia yang ada di India saat ini lebih banyak mengambil ilmu sosial dan perlu adanya peningkatan lagi di bidang-bidang lain.

Adapun upaya untuk meningkatkan mahasiswa Indonesia di sana, pihaknya akan meminta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) agar lebih banyak institusi pendidikan dari India yang dimasukkan ke daftar beasiswa.

“Dari pihak India pun dapat menambah beasiswanya, terutama di bidang IT, keuangan dan manajemen tadi. Hubungan institusional perguruan tinggi dari kedua negara juga harus terus ditingkatkan,” kata Shidarto.(L/R04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.