Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Edukasi Interaktif Tutorpedia

Yogyakarta, 4 Ramadhan 1438/30 Mei 2017 (MINA) – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan aplikasi edukasi yang menarik untuk memacu semangat belajar siswa.

Aplikasi yang dinamai Tutorpedia ini bahkan berhasil meraih juara dua lomba IDEAFUSE 2017 kategori Innovative App Idea Exhibition pada beberapa bulan lalu.

Tutorpedia yang dibuat berbasis android ini dikembangkan oleh Prabowo Wahyu Sudarno, Tommy Wahyu Yudialim, Ahmad Fauzi Wibowo, dan Komang Ary Tebuana. Dikembangkan di bawah bimbingan Guntur Budi Herwanto.

“Aplikasi Tutorpedia merupakan aplikasi edukasi yang dikembangkan berbasis android. Aplikasi ini menawarkan kenyamanan belajar dengan fitur-fitur menariknya,” ujar Prabowo dalam keterangan pers UGM yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Ada fitur materi lengkap yang interaktif, fitur event yang berisi try out tiap minggunya, konsultasi, dan fitur utama kita mencari tutor,” jelasnya, Selasa (30/5).

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga  menyediakan fitur gamifikasi. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk saling membantu menjawab soal. Apabila jawaban dirasa membantu, pengguna bisa mendapatkan like dari pengguna lain yang dapat ditukarkan dengan hadiah.

Selain itu, dalam aplikasi yang dikembangkan sejak Desember 2016 lalu juga mengadakan acara “Weekly Quest” yakni sebuah tantangan mingguan berupa soal-soal. Pengguna yang mampu mengerjakan tantangan tersebut juga berhak atas poin yang juga bisa ditukarkan dengan hadiah. (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.