MAHKAMAH SAUDI PUTUSKAN SELASA 1 DZULHIJJAH, IDUL ADHA KAMIS 24 SEPTEMBER

rukyat alriyadh
(Al-Riyadh)

Riyadh, 1 Dzulhijjah 1436/14 September 2015 (MINA) – Mahkamah Agung Arab Saudi (al-Mahkamah al-‘Ulya as-Su’udiyyah) akhirnya mengumumkan secara resmi keputusannya bahwa besok Selasa adalah tanggal 1 Dzulhijjah 1436, bertepatan dengan 15 September 2015.

Sekaligus juga menyebutkan bahwa dengan demikian Rabu adalah 9 Dzulhijjah, hari Wuquf di Arafah, dan Kamis 10 Dzulhijjah bertepatan dengan 24 September 2015 adalah Hari Raya Idul Adha.

Dalam Keputusan No. : 75/H tertanggal 29/11/1436 H. yang ditandatangani oleh Ketua Mahkamah Agung Ghaib bin Muhammad al-Ghaib disebutkan, “Berdasarkan tidak terlihatnya bulan baru (hilal) pada Ahad sore kemarin karena tertutup mendung, sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ’Jika tertutup mendung, maka sempurnakanlah tiga puluh hari’, Hadits Muttafaqun ‘Alaihi lafadz al-Bukhari, maka bulan Dzulqa’dah digenapkan 30 hari hingga Senin (14/9).

Seperti diberitakan al-Riyadh edisi hari ini Senin (14/9) pukul 11.27 Waktu Saudi atau sekitar pukul 15.27 WIB, Mahkamah Agung juga mendoakan kesejahteraan bagi kaum Muslimin dan bagi Pelayan Dua Kota Suci untuk dapat melaksanakan kewajibannya menyantuni jamaah haji dengan baik, serta memudahkan amaliyah tamu-tamu Allah dalam menunaikan rangkaian ibadah haji tahun ini.

Keputusan juga ditandatangani oleh para anggota, yang terdiri dari : Abdul ‘Azis bin Ibrahim al-Hushain, Dr. Abdul Ilah bin Abdul Aziz Ali Firyan, Sulaiman bin Ibrahim al-Haditsi, Ahmad bin Hamid al-Mazru’, Muhammad bin Syuraim asy-Sya’by, Abdullah bin Abdurrahman al-Qasim, Ahmad bin Maqbul Hukmi, Sa’ad bin Muhammad al-Ghamidy, dan Abdul Aziz bin Abdullah as-Sabi’iy. (T/P013/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0