Mahmoud Abbas Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Ritual Keagamaan Yahudi

Ramallah, MINA – Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Israel Reuven Rivlin atas tragedi yang mengakibatkan meninggalnya puluhan orang Yahudi karena berdesakan saat perayaan hari raya keagamaan Yahudi di Gn. Meron, Israel utara.

“Palestina berdoa untuk mereka yang meninggal dan untuk keluarga para korban, dan berharap mereka yang terluka dalam insiden itu segera pulih. israel menyatakan Ahad sebagai hari berkabung nasional setelah sedikitnya 45 orang tewas, pada Jumat (30/4) pagi saat perayaan hari raya Yahudi,” Anadolu Agency melaporkan

Kejadian itu bermula dari kerumunan yang sangat padat, banyak jamaat terlihat memenuhi gelanggang saat sesi api unggun berlangsung, sebagian besar para peziarah berdesak-desakan, terdengar jeritan, dan kekacauan di mana-mana.

Selama upacara itu, para jemaat bernyanyi, berdoa, dan menari bersama. Akibat kelebihan kapasitas salah satu bagian tribun gelanggang ambruk hingga membuat jemaat satu per satu mulai berjatuhan dan terinjak-injak, termasuk anak-anak.

Insiden itu menimbulkan kepanikan bagi jemaat lain, sebagian besar dari mereka mencoba menyelamatkan diri keluar dari kerumunan hingga terjadi aksi dorong-dorongan. Satu per satu jemaat yang ada di kerumunan pun terjatuh. (T/Rd/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)