Majelis Maliyah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) adakan Tadrib Zakat

Bandar Lampung, 14 Ramadhan 1437/19 Juni 2016 (MINA) – Majelis Maliyah Pusat (MMP) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengadakan Tadrib Zakat dan Maliyah 1437 H untuk Umara, Amilin, dan Aghniya Se-Wilayah Lampung di Masjid At-Taqwa Komplek Pondok Pesantren Al-Fatah Muhajirun Negararatu Natar Lampung Selatan, Ahad, (19/6).

Amir MMP Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Wawan Rustandi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) disela acara mengatakan bahwa tadrib ini diagendakan di seluruh Wilayah Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

“Wilayah Lampung mendapatkan kesempatan pertama tadrib Maliyah ini, namun ditargetkan satu tahun Maliyah bekerja untuk menyelenggarakan Tadrib ini di seluruh Wilayah Jama’ah Muslimin (Hizbullah),” katanya.

Wawan menjelaskan bahwa tadrib ini bertujuan unutk memberikan pengetahuan terkait masalah harta dan Zakat secara syariah.

“Tujuannya ya untuk memberikan satu pemahaman fungsi amilin itu sendiri seperti apa, lantas juga memberikan suatu gambaran kepada para Aghniya bagaimana pentingnya zakat dalam menyelesaikan permasalahan umat,” ujarnya.

Lebih lanjut Wawan mengatakan, peran maliyah sangat strategis dalam perjuangan dan punya sasaran yang jelas, sebab perjuangan tidak bisa lepas dari harta, juga bagaimana Zakat berfungsi secara sosial.

“Selain itu, Zakat ini bertujuan menyelesaikan masalah sosial yakni kesenjangan antara si kaya dan si miskin sehingga tidak ada kecemburuan, kita punya sasaran yang jelas untuk itu,’’ ungkapnya.

Tadrib Zakat dan Maliyah 1437 H ini diadakan selama satu hari penuh dengan peserta sekitar 70 orang dari kalangan Umara atau Pimpinan, Amilin, dan Aghniya (orang kaya-red) se-Wilayah Lampung. (L/K08/R05).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).