MAJELIS ULAMA INDONESIA GELAR MUNAS KE IX DI SURABAYA

Foto: MUI
Foto:

Jakarta, 6 Dzulqa’dah 1436/21 Agustus 2015 (MINA) – (MUI) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) IX pada 24-27 Agustus 2015, di , Jawa Timur.

“Sebagai forum permusyawaratan tertinggi organisasi ulama, zuama, dan cendekiawan, Munas  MUI diselenggarakan secara berkala sekali dalam lima tahun. Sebelumnya, selalu diselenggarakan dengan lancar di Jakarta,” kata Noor Akhmad, Sekretaris Panitia Pengarah Munas MUI kepada wartawan saat konferensi Pers di Gedung MUI, Jakarta, Jumat (21/8) sore.

Noor Akhmad mengatakan, Munas MUI kali ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Agustus.

Ia juga mengatakan, sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara direncanakan hadir, antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Anies Baswedan, serta Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Munas IX MUI yang diikuti utusan MUI provinsi seluruh Indonesia, ormas-ormas Islam, pesantren, dan perguruan tinggi ini pertama kali diadakan di luar Jakarta.

“Surabaya dipilih karena paling siap,” kata Anwar Abbas Ketua Panitia Munas MUI.

Anwar Abbas mengatakan, selain MUI Jawa Timur yang dinilai paling siap, beberapa MUI provinsi lainnya juga menyatakan kesiapannya menyelenggarakan Munas IX MUI.

Munas IX MUI mengangkat tema “Islam wasathiyyah untuk Indonesia dan dunia yang berkeadilan dan berkeadaban.”

Tema tersebut menurut , memberi makna esensial terhadap untuk mengembangkan Islam “wasathi” di Indonesia. Yakni, Islam yang berkeadilan, moderat, seimbang, berkemajuan, toleran, dan berkomitmen kebangsaan. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0