Makassar Siap Berbenah untuk Jadi Destinasi Wisata Halal

, MINA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu dari 10 provinsi yang ditetapkan sebagai dan kota Makassar menjadi salah satu dari lima daerahnya yang masuk dalam kategori destinasi wisata halal.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto baru-baru ini mengatakan bahwa Makassar merupakan kota yang kaya akan kuliner sehingga terpilih sebagai salah satu destinasi wisata halal menurut Kemenpar.

“Saya kira alasan pemerintah pusat menunjuk Kota Makassar karena memang merupakan kota kuliner. Ada 40 macam kuliner yang sekarang sudah sangat populer di Indonesia walaupun masih 10 yang dikenal di seluruh dunia,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramadhan, demikian dikutip dari Sulselsatu, Sabtu (23/2).

Terkait ini, Ramadhan yang akrab disapa Danny akan melakukan pembenahan mulai dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sebagai bentuk antusiasme terhadap penetapan ini.

Menurutnya, destinasi wisata halal tidak hanya dilihat dari makanan saja melainkan harus dimulai dari proses pengolahan dan bahan-bahan yang halal.

“Sertifikasi halal itu bukan hanya pada makanannya saja, tapi mulai dari bumbu-bumbunya, karena halal itu bukan hanya makanan. Tapi seluruh proses yang disyaratkan harus memenuhi syarat halal,” katanya.

Kemenpar belum lama ini menetapkan 10 provinsi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata halal, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

Selain Makassar, ada empat daerah di Sulawesi Selatan yang juga masuk dalam destinasi wisata halal yakni Maros, Pangkep, Gowa, dan Bulukumba. (R/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.