Malaysia Kagumi Pengelolaan Haji Indonesia

Makkah, MINA – Ketua Rombongan Haji Malaysia 1440H Dato Sri Syed Saleh mengatakan, kagum dengan Indonesia yang memiliki sistem pengendalian jamaah haji terbaik.

“Saya amat kagum sekali karena dengan jumlah jamaah yang begitu besar, hampir 231ribu berbanding dengan Malaysia yang hanya 30 ribu, tetapi dapat dikendalilan dengan begitu tersusun dan sistematik,” ujarnya saat bertemu dengan Misi Haji Indonesia di Makkah, Rabu (21/8).

Menurut Dato Sri Syed Saleh, Pemerintah Arab Saudi juga mengakui sistem pengelolaan jamaah haji Indonesia di antara yang terbaik.

“Ternyata dapat dilihat di Makkah maupun Madinah, dan ini juga kita dengar dari pihak Kerajaan Arab Saudi bahwa urusan pengendalian jamaah haji Indonesia juga di antara yang terbaik,” ucapnya.

Ia menambahkan, bukan hanya segi pengendalian tapi juga jamaah haji itu sendiri yang disiplin dan mempunyai ilmu yang cukup dalam melaksanakan ibadah haji mereka.

“Sungguh teratur. Jadi saya rasa itu dikagumi dan Malaysia juga merasa bahwa Indonesia menjadi negara yang dapat kita ajak kerjasama dan pelajari,” katanya. (T/Ais/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)