MALAYSIA LARANG DUA ATLET SELANCAR ANGIN ISRAEL

Atlet selancar angin Israel, Yoav Omer. (Foto: Amit Shisel//ISA)
Atlet selancar angin Israel, Yoav Omer. (Foto: Amit Shisel//ISA)

Kuala Lumpur, 16 Rabi’ul Awwal 1437/27 Desember 2015 (MINA) – Malaysia telah melarang  dua atlet selancar angin muda Israel ikut bertanding di kompetisi internasional di negara itu, karena keduanya menolak mematuhi peraturan tentang pengibaran bendera dan lagu kebangsaan negara lain di

Negara Islam Malaysia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel karena Malaysia mendukung perjuangan dan kemerdekaan Palestina.

Dikatakan pada Ahad (27/12), kedua atlit Israel itu, Yoav Omer dan Noy Drihan, menolak menerima aturan yang mengatur penggunaan bendera dan lagu kebangsaan di Malaysia.

“Tim muda Israel memutuskan tidak mematuhi instruksi kami, jadi saya harus bertindak berdasarkan kebijakan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami harus membuat keputusan. Tujuan kami adalah bukan mencegah mereka (Israel) untuk berpartisipasi, tapi kami telah menetapkan beberapa aturan bagi mereka untuk dipatuhi, yang mereka tolak untuk mematuhinya,” kata Menteri Khairy.

Youth Sailing World Championships (Kejuaraan Dunia Layar Pemuda) dimulai pada Ahad di Pulau Langkawi di Malaysia Utara. Lebih 50 negara ambil bagian dalam kejuaraan selancar angin untuk pemuda itu.

Omer dan Drihan bersama pelatihnya, Meir Yani, dilaporkan telah menolak mematuhi aturan Malaysia yang meminta keduanya memakai bendera atau simbol nasional mereka pada pakaian selancar anginnya.

Malaysia juga telah mengatakan tidak akan memainkan lagu kebangsaan Israel jika salah satu atlet itu memenangkan medali emas. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.