Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MAN 1 Bukittinggi Lancarkan Program “Satu Siswa Satu Buku”

Widi Kusnadi - Rabu, 3 Maret 2021 - 17:13 WIB

Rabu, 3 Maret 2021 - 17:13 WIB

2 Views

Bukittinggi, MINA – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukittinggi (MAN I KBT), melancarkan program Satu Siswa Satu Buku (SASISABU) untuk  mendorong siswa menulis dan membuat buku masing-masing.

Di samping itu juga dilaksanakan program Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU).

“Kami berharap ini menjadi oase, di tengah perjuangan bersama untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia,” kata Kepala MAN I KBT Irsyad, di Bukittinggi, demikian keterangan yang diterima MINA, Rabu (3/3).

Irsyad mengatakan, program ini telah dirintis sejak  tahun 2018, dan hingga saat ini SASISABU sudah menghasilkan 11 buku karya siswa.

Baca Juga: Delegasi Indonesia Raih Peringkat III MTQ Internasional di Malaysia

Sementara itu program Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) sampai saat ini telah menerbitkan sebanyak 58 karya guru, sudah ber-ISBN sebagaimana karya siswa.

Seluruh program literasi tersebut terangkum dalam sebuah gerakan yang dinamakan GELISA (Geraskan Literasi MAN I Kota Bukittinggi). Gerakan ini mewadahi minat dan aktifitas literasi siswa dan guru MAN I KBT.

Selain gerakan literasi madrasah yang merupakan salah satu MAN Keterampilan ini juga memacu para siswanya untuk berprestasi dalam berbagai ajang kecakapan siswa. Berderet prestasi dan keunggulan para siswa yang telah mendapat berbagai penghargaan pada tingkat lokal maupun nasional.

Terbaru, siswa MAN I KBT mendapat penghargaan 1 Best Point (Salsabila dan Nurul Izzati) dan penghargaan 2 Best Design (Restiani dan Windy Putri Anjeli) pada Madrasah Robotic Competition 2020 tingkat Nasional di Jakarta.

Baca Juga: Matahari Tepat di Katulistiwa 22 September

Sebelumya Ghiffari Ibnu Thoriq dan Desfi Nabila Fitri bersinar di Superstar Science Olympiad (SSO) 2021, masing-masing dengan raihan medali perak dan perunggu. Desfi adalah juga peraih juara 2 bidang Geografi Terintegrasi pada Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2020 yang diselenggarakan Kementerian Agama.

Tata kelola lembaga juga menjadi titik perhatian MAN I KBT, bahwa MAN KBT menjadi salah satu pilot project pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kami menjadikan prestasi siswa, berbagai inovasi, layanan publik, dan tata kelola MAN I Kota Bukittinggi sebagai titik penting yang harus menjadi perhatian bersama,” ujar Irsyad menutup perbincangan. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Roma Sitio Raih Gelar Doktor dari Riset Jeruk Nipis

Rekomendasi untuk Anda

Breaking News