MAN IC Serpong dan MAN Kota Batu Jadi Pilihan Favorit

Jakarta, MINA – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama tengah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru  (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC)  dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) secara online.

Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah, Abdullah Faqih mengatakan, sejak dibuka 1 Februari sampai saat ini MAN IC Serpong dan MAN Kota Batu menjadi pilihan favorit para siswa. MAN IC Serpong untuk kategori MAN Insan Cendekia, sedang MAN Kota Batu untuk kategori MAN Program Keagamaan.

“Data sampai siang ini, pendaftar MAN IC Serpong sudah mencapai 1.987 siswa,” terang Abdullah Faqih dalam laman yang dikutip MINA, Rabu (21/2).

Lima posisi pendaftar terbanyak berikutnya secara berurutan adalah MAN IC Jambi (673 siswa), MAN IC Kota Pekalongan (477 siswa), MAN IC Tanah Laut (336), MAN IC Gorontalo (303), dan MAN IC Kota Batam (278).

Menurut Faqih, saat ini ada 22 MAN IC yang tersebar di beberapa provinsi. Rata-rata kuota penerimaan di tiap MAN IC adalah 96 siswa. Kuota paling sedikit adalah 48 siswa di MAN IC Gowa dan MAN IC Pasuruan. Sedang MAN IC Halmahera akan menerima 72 siswa.

“Kuota MAN IC Serpong adalah yang terbanyak, 140 siswa. Disusul MAN IC Gorontalo dan MAN IC Jambi, masing-masing 120 siswa,” kata Faqih.

Untuk MAN PK, pendaftar MAN Kota Baru Padang Panjang berada pada urutan pertama dengan 202 siswa. Tiga pendaftar terbesar berikutnya adalah MAN 1 Surakarta (104 siswa), MAN Darussalam Ciamis (91 siswa), dan MAN 2 Martapura (79 siswa).

“Untuk kuota penerimaan siswa MAN PK, tahun ini di setiap madrasah berjumlah 48 siswa, terdiri dari 24 putra dan 24 putri,” tuturnya.

Faqih menambahkan, proses pendaftaran online ini akan berlangsung hingga akhir Februari. Dia mentargetkan ada 17ribu pendaftar MAN IC dan MAN PK. “Ini masih terus berproses. Semoga target tercapai,” harapnya. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.