Mantan Direktur Mossad: Israel Harus Berhenti Kritik Mediator Qatar

Yossi Cohen, mantan kepala badan intelijen Israel Mossad.

Tel Aviv, , mantan kepala badan intelijen Mossad, telah mendesak para pejabat dari negara pendudukan tersebut untuk menahan diri dari mengkritik Qatar secara terbuka. Demikian dikutip dari Memo, Senin, (5/2).

Negara Teluk tersebut saat ini sedang memediasi pembicaraan yang bertujuan untuk menengahi perjanjian antara pendudukan Israel dan kelompok perlawanan di tengah yang sedang berlangsung di .

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Angkatan Darat, Cohen mengatakan bahwa Israel “bagaimanapun juga harus membayar” harga yang mahal untuk kesepakatan semacam itu, “jadi mari kita bayar hari ini sejak awal untuk semua orang, dan kurangi waktu tidak manusiawi yang dihabiskan para sandera di Gaza. ”

Baca Juga:  PBB: Terjadi 800 Serangan oleh Pemukim Israel di Tepi Barat Sejak 7 Oktober

Times of Israel mencatat bahwa mantan kepala Mossad adalah orang kepercayaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang vokal mengkritik Doha dalam beberapa pekan terakhir dan juga dituduh memprioritaskan karier politiknya daripada menyelamatkan nyawa warganya sendiri.

Mengenai Qatar, Cohen lebih lanjut dikutip menyatakan bahwa: “ini adalah satu-satunya negara yang dapat mencapai kesepakatan saat ini. Bertengkar di depan umum adalah tindakan yang salah, dan kita perlu bertindak bijaksana. Kritik apa pun terhadap Qatar pada saat ini harus dihentikan.”

Pekan lalu Qatar mengatakan pihaknya “terkejut” dengan pernyataan Netanyahu dalam rekaman yang bocor, yang menyebut upaya mediasi Doha sebagai “bermasalah.”

Dalam audio yang disiarkan oleh TV Israel, perdana menteri Israel terdengar mengatakan kepada keluarga tawanan Israel di Gaza bahwa “Anda tidak mendengar saya berterima kasih kepada Qatar. Mereka memiliki pengaruh karena mereka mendanai (Hamas).”

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Dr Majed Al Ansari mengatakan komentar Netanyahu “tidak bertanggung jawab dan merusak upaya menyelamatkan nyawa orang yang tidak bersalah, namun hal ini tidak mengejutkan.” (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.