Mantan Kepala Badan Antariksa Israel Meninggal Karena Terluka Dalam Kerusuhan Acre

Haifa, MINA – Avi Har-Even, mantan Kepala Badan Antariksa Israel, meninggal akibat luka yang dideritanya selama kerusuhan antara orang warga Yahudi dan Arab di kota Acre.

Har-Even (84) meninggal di Kampus Perawatan Kesehatan Rambam di Haifa pada Ahad malam, Times of Israel melaporkan.

Dia telah dirawat di rumah sakit setelah menderita luka bakar dan menghirup asap yang parah ketika Hotel Efendi tempat dia menginap di Acre dibakar bulan lalu.

Serangan pembakaran itu terjadi di tengah bentrokan yang mengarah dan berlanjut hingga 11 hari agresi Israel di Jalur Gaza yang diblokade.

Berpekan-pekan serangan warga dan polisi Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem Al-Quds dan upaya untuk mengambil alih tanah Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah, diikuti oleh pengeboman Israel di Jalur Gaza.

Agresi Israel di Gaza yang dimulai pada 10 Mei menewaskan lebih dari 260 warga Palestina dan melukai lebih dari 1.900 lainnya, sebelum gencatan senjata mulai berlaku pada 21 Mei.

Har-Even memulai karir militernya yang panjang di Korps Artileri militer Israel.

Setelah menerima gelar di bidang teknik elektro di Technion-Israel Institute of Technology, ia menjabat sebagai perwira yang mengepalai pengembangan penelitian artileri.

Dia memegang berbagai posisi penelitian dan pengembangan serta memimpin sebuah kelompok yang dianugerahi Penghargaan Israel.

Pada tahun 1982, ia bekerja untuk Israel Aerospace Industries, dan menjabat sebagai kepala Badan Antariksa Israel antara 1995 dan 2004. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)