Mantan PM Selandia Baru Dukung Seruan Gencatan Senjata di Gaza

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Helen Clark pada 02 September 2023 di Auckland, Selandia Baru. (Photo: Fiona Goodall/Getty Images)

Wellington, MINA – dan pejabat PBB, mengatakan bahwa seruan untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan harus dilaksanakan sekarang.

“Cukup sudah cukup,” kata Clark, salah satu anggota The Elders. “Dunia sangat marah atas besarnya dan kengerian kematian warga sipil di .” Dia mencatat “hukuman kolektif” terhadap warga di Gaza yang mengalami “pengungsian massal, kelaparan dan penyakit” bersamaan dengan pemboman yang terus-menerus dilakukan .

“Resolusi Majelis Umum PBB ini mencerminkan kemarahan yang semakin besar terhadap bencana kemanusiaan di Gaza dan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional yang terus-menerus dilakukan. Tuntutannya atas perlindungan warga sipil, pembebasan semua sandera tanpa syarat dan segera, serta akses kemanusiaan harus dipenuhi.”

Baca Juga:  Pembelaan Mahasiswa Terhadap Palestina Menyebar ke Jepang

Clark menekankan bahwa Majelis Umum telah bertindak ketika Dewan Keamanan sekali lagi gagal. “Gencatan senjata dan negosiasi penyelesaian politik adalah satu-satunya cara untuk menghentikan siklus kekerasan,” simpulnya.

“Tidak ada solusi militer terhadap konflik ini. Semua negara yang memiliki pengaruh terhadap penjajah Israel dan harus menggunakan segala cara yang mereka miliki untuk segera menjamin gencatan senjata.” (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.