Mari Saling Berjabat Tangan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA

Dalam sebuah riwayat Ahmad dari Anas bin Malik, Nabi pernah memuji sifat orang-orang Yaman di hadapan para sahabatnya, dengan kalimat:

ู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุงุกูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูŠูŽู…ูŽู†ู ูˆูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ู…ูŽู†ู’ ุฌูŽุงุกูŽ ุจูุงู„ู’ู…ูุตูŽุงููŽุญูŽุฉู

Artinya: โ€œTelah datang kepada kalian penduduk Yaman, dan merekalah orang yang pertama sekali yang melakukan berjabat tangan.โ€ (HR Abu Daud dari Anas bin Malik Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Dalam riwayat lain dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu disebutkan juga dalam redaksi lain:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽู‚ู’ุฏูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุบูŽุฏู‹ุง ุฃูŽู‚ู’ูˆูŽุงู…ูŒ ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฑูŽู‚ูู‘ ู‚ูู„ููˆุจู‹ุง ู„ูู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู‚ูŽุฏูู…ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ุนูŽุฑููŠูู‘ูˆู†ูŽ ูููŠู‡ูู…ู’ ุฃูŽุจููˆ ู…ููˆุณูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ุนูŽุฑููŠูู‘ ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุฏูŽู†ูŽูˆู’ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุฌูŽุนูŽู„ููˆุง ูŠูŽุฑู’ุชูŽุฌูุฒููˆู†ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ : ุบูŽุฏู‹ุง ู†ูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุญู€ู€ู€ู€ูุจูŽู‘ู‡ู’ ู…ูู€ู€ุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ูˆูŽุญูู€ู€ู€ุฒู’ุจูŽู‡ู’ ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุฃูŽู†ู’ ู‚ูŽุฏูู…ููˆุง ุชูŽุตูŽุงููŽุญููˆุง ููŽูƒูŽุงู†ููˆุง ู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽุงููŽุญูŽุฉูŽ

Artinya: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda, โ€˜Besok akan datang kepada kalian kaum yang hati mereka lebih lembut untuk (menerima) Islam dari pada kalian.โ€™ Anas mengatakan, โ€˜Maka datanglah kabilah Asyโ€™ariyyun, diantara mereka ada Abu Musa al-Asyโ€™ari. Tatkala mereka telah mendekati kota Madinah, mereka melantunkan sebagian syaโ€™irnya seraya berkata, โ€œBesok kita akan berjumpa dengan para kekasih, Muhammad dan shahabatnyaโ€. Tatkala mereka telah datang mereka berjabatan tangan, merekalah orang yang pertama sekali melakukan jabat tanganโ€. (HR Ahmad).

Kemudian setelah itu, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam menjadikan saling berjabat tangan ini (mushafahah)ย sebagai kebiasaan (sunnah) saat sesama kaum Muslim bertemu untuk berjabat tangan, di samping tentu memberi dan membalas salam.

Pada saat tertentu, seperti jika lama tak berjumpa atau pulang dari bepergian jauh, sesama kaum Muslimin pun saling berjabat tangan, bahkan berangkulan dengan akrab. Diiringi senyum ceria, sapaan hangat dan saling tertawa bahagia.

Tentang keutamaan berjabat tangan ini, disebutkan di dalam hadits:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽูŠู’ู†ู ูŠูŽู„ู’ุชูŽู‚ููŠูŽุงู†ู ููŽูŠูŽุชูŽุตูŽุงููŽุญูŽุงู†ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุชูŽุฑูู‚ูŽุง

Artinya: โ€œTidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.โ€ (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi dari Al Baraโ€™ bin โ€˜Azib).

Pada hadits lain disebutkan:

ุงูู†ูŽู‘ ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽ ุงูุฐูŽุง ู„ูŽู‚ููŠูŽ ุงูŽุฎูŽุงู‡ู ููŽุงูŽุฎูŽุฐูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุชูŽุญูŽุงุชูŽู‘ุชู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฐูู†ููˆู’ุจูู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุชูŽุชูŽุญูŽุงุชูู‘ ุงู’ู„ูˆูŽุฑูŽู‚ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑูŽุฉู ุงู’ู„ูŠูŽุงุจูุณูŽุฉู ููู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฑููŠู’ุญู ุนูŽุงุตููู ูˆูŽ ุงูู„ุงูŽู‘ ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุฐูู†ููˆู’ุจูู‡ูู…ูŽุง ู…ูุซู’ู„ูŽ ุฒูŽุจูŽุฏู ุงู’ู„ุจูŽุญู’ุฑู.ย ุงู„ุทุจุฑุงู†ู‰ ูู‰ ุงู„ูƒุจูŠุฑ 6: 256ุŒ ุฑู‚ู…: 6150ุŒ ุจุงุณู†ุงุฏ ุญุณู†

Artinya: “Sesungguhnya orang Islam itu apabila bertemu dengan saudaranya lalu memegang tangannya (berjabat tangan) maka dosa-dosa keduanya berguguran sebagaimana daun-daun pohon berguguran dari pohonnya yang kering pada waktu ditimpa angin yang kencang. Atau diampuni dosa-dosa keduanya meskipun dosa-dosa keduanya itu seperti buih di laut”. (HR Ath-Thabrani dari Salman Al-Farisiy Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Apalagi, jika saling berjabat tangan itu diiringi dengan wajah yang berseri-seri, senyum merekah, ikhlas, jernih, memberi makna tiada tara bagi keduanya. Tercurahlah rasa , keakraban dan persaudaraan yang indah tak terperi. Hilang segala niat jelek, buruk sangka dan dendam kesumat. Berganti menjadi motivasi yang baik, positive thinking, dan rasa saling ridha.

Dan, ini bukan hal sepele, seperti dikatakan Imam An-Nawawi bahwa disunnahkan dalam berjabat tangan diiringi dengan wajah yang berseri-seri.

Di dalam hadits disebutkan:

ูƒูู„ูู‘ ู…ูŽุนู’ุฑููˆู’ูู ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽ ุงูู†ูŽู‘ ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ู…ูŽุนู’ุฑููˆู’ูู ุงูŽู†ู’ ุชูŽู„ู’ู‚ูŽู‰ ุงูŽุฎูŽุงูƒูŽ ุจููˆูŽุฌู’ู‡ู ุทูŽู„ู’ู‚ูุŒ ูˆูŽ ุงูŽู†ู’ ุชููู’ุฑูุบูŽ ู…ูู†ู’ ุฏูŽู„ู’ูˆููƒูŽ ููู‰ ุงูู†ูŽุงุกู ุงูŽุฎููŠู’ูƒูŽ

Artinya: “Setiap kebaikan adalah ,ย danย sesungguhnya termasuk kebaikan ialah kamu bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri,ย danย (termasuk kebaikan pula) kamu menuangkan air dari timbamu ke bejana saudaramu”. (HR At-Tirmidzi dari Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ู„ุงูŽ ูŠูŽุญู’ู‚ูุฑูŽู†ูŽู‘ ุงูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ู…ูŽุนู’ุฑููˆู’ููุŒ ูˆูŽ ุงูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌูุฏู’ ููŽู„ู’ูŠูŽู„ู’ู‚ูŽ ุงูŽุฎูŽุงู‡ู ุจููˆูŽุฌู’ู‡ู ุทูŽู„ููŠู’ู‚ูุŒ ูˆูŽ ุงูุฐูŽุง ุงุดู’ุชูŽุฑูŽูŠู’ุชูŽ ู„ูŽุญู’ู…ู‹ุง ุงูŽูˆู’ ุทูŽุจูŽุฎู’ุชูŽ ู‚ูุฏู’ุฑู‹ุง ููŽุงูŽูƒู’ุซูุฑู’ ู…ูŽุฑูŽู‚ูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽ ุงุบู’ุฑููู’ ู„ูุฌูŽุงุฑููƒ ู…ูู†ู’ู‡ู

Artinya: โ€œJanganlah salah seorang di antara kalian meremehkan sesuatu dari kebaikan. Apabila ia tidak mendapatkan, maka hendaklah ia bertemu saudaranya dengan wajah yang berseri-seri.ย Danย apabila kamu membeli daging, atau memasak, maka perbanyaklah kuahnya, lalu ambilkan sebagian untuk tetanggamuโ€. (HR At-Tirmidzi dari Abu Dzar Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Begitulah, dan memang dalam etika bergaul, secara etimologi disebutkan, berjabat tangan seperti anjuran Nabi itu, adalah dengan saling melengketkan telapak tangan dengan telapak tangan lainnya dan dengan wajah menghadap wajah, saling berhadapan. Tidak dikatakan dengan sambil lalu, asal menjabat tanpa ekspresi, apalagi sambil membuang muka.

Begitulahย hikmah besar yang terkandung di dalam kegiatan berjabat tangan. Terkandung ajaran kepada umatnya untuk menghilangkan silang sengketa, saling berperkara, saling iri, dengki, benci dan dari memendam dendam.

Karena itu, alangkah indahnyaย manakala kita saling berjumpa naik motor dengan sesama Muslim, bukan hanya bermain klakson, apalagi dengan nada โ€œteloletโ€. Namun dengan mengucapkan salam, berhenti sejenak dan saling berjabat tangan.

Demikian pula saat ayah akan berangkat kerja, ia menjabat tangan isterinya. Sang anak bila hendak berangkat sekolah, ia pun menjabat tangan ayah ibunya seraya menciumnya. Saat murid bertemu gurunya, saat bersua rekan kerja, saat berjumpa kerabatnya, dan seterusnya.

Mari saling berjabat tangan, pegang erat bukan hanya di tangan, tapi sampai ke dalam jiwa. Alhamdulillah. (RS2/R02)

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)