Maroko, Israel Bahas Perjanjian Bebas Visa setelah Tiga Tahun Normalisasi

Ilustrasi bebas visa. (Foto: Istimewa)

Rabat, MINA – Seorang politisi mengkonfirmasi bahwa perjanjian bebas visa antara Tel Aviv dan Rabat sedang dibahas karena hubungan kedua negara semakin kuat setelah pengakuan Israel atas kedaulatan di .

“Program bebas visa antara Maroko dan Israel berada di jalur yang benar,” kata Meir Masri, seorang tokoh terkemuka di Partai Buruh Israel, kepada media Maroko Telquel pekan lalu.

Dikutip dari The New Arab pada Senin (14/8), sejak tahun 2021, Meir mulai melobi untuk pembebasan visa antara kedua negara, dengan alasan, “Memalukan dan tidak dapat diterima bahwa orang Eropa atau Rusia dapat memasuki Israel tanpa visa tetapi meminta visa masuk dari saudara Maroko kami.”

Saat itu, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Israel membantah adanya pembahasan pembebasan visa bagi warga Maroko. Namun dua tahun kemudian, Maier mengatakan banyak hal telah berubah setelah kesepakatan baru-baru ini antara Tel Aviv dan Rabat.

Selama dua tahun terakhir, Maroko dan Israel menandatangani lusinan perjanjian kerja sama di bidang militer, perdagangan, pendidikan, dan produksi film.

Israel membuka kantor penghubung di Rabat, dan pekerjaan konstruksi kedutaan Tel Aviv di ibu kota Maroko akan selesai tahun depan.

Tiga maskapai Israel dan maskapai Maroko telah meluncurkan penerbangan langsung antara kedua negara.

Pada Juli, Raja Maroko Mohammed VI mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengunjungi Rabat setelah ia mengakui kedaulatan Rabat atas wilayah sengketa Sahara Barat. Netanyahu juga menyatakan pertimbangan untuk membuka konsulat di Kota Dakhla Sahara Barat.

Beberapa kritikus menyebut langkah ini sebagai titik pergeseran dalam hubungan Maroko-Israel, yang menurut laporan ditolak Rabat untuk diperdalam lebih jauh sebelum pengakuan Israel atas “Sahara-nya”.

Sementara itu, program pembebasan visa Meir masih “dalam diskusi” karena bukan tanggung jawab Knesset Israel memutuskan peraturan semacam ini, yang tergantung pada kedaulatan Perdana Menteri dan Kementerian Luar Negeri. Legislatif hanya mengintervensi dalam kapasitas penasehat atau untuk menyetujui kesepakatan.

Padahal, Meir mengklaim sarannya “diterima secara positif oleh tingkat politik Israel.”

Pada Juli 2022, Maroko meluncurkan aplikasi e-visa untuk warga Israel. Sejak itu, Maroko telah mengeluarkan lebih dari 150.000 visa elektronik dari 160.000 aplikasi yang diproses.

Bahkan sebelum secara terbuka menormalkan hubungan dengan Tel Aviv, Rabat telah mengizinkan pemegang paspor Israel memasuki kerajaan, tidak seperti negara-negara lain di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, terutama karena banyaknya orang Yahudi keturunan Maroko yang tinggal di Israel. Mereka diperkirakan berjumlah satu juta.

Bulan lalu, media Israel mengatakan Tel Aviv juga mempertimbangkan meluncurkan aplikasi e-visa untuk turis Maroko tahun depan.

Terlepas dari penentangan sosial dan politik yang luas terhadap hubungan dengan Israel, beberapa orang Maroko mencari pembebasan visa yang menyatakan kesempatan kerja yang lebih baik dan upah yang lebih tinggi.

“Saya tidak keberatan bekerja di Israel jika gajinya bagus. Saya melakukannya untuk keluarga saya, dan saya tidak menyakiti atau membunuh siapa pun,” kata seorang pekerja konstruksi kepada The New Arab Agustus lalu saat dia mengantri di depan sebuah kantor di Casablanca mengatakan untuk mengeluarkan izin kerja di Israel.

Kantor itu segera ditutup setelah reaksi nasional. Rabat dan Tel Aviv membantah hubungan dengan kantor tersebut, yang sampai saat ini belum terungkap.

Di penghujung tahun 2020, Rabat menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv di bawah naungan AS.

Di tengah meningkatnya penentangan terhadap keputusan itu, istana merilis pernyataan yang menekankan “kebijakan luar negeri kerajaan adalah hak prerogatif Yang Mulia di bawah Konstitusi.”

Namun, terlepas dari , kerajaan Afrika Utara itu terus menegaskan kembali komitmennya terhadap perjuangan Palestina sebagai “salah satu prioritas kebijakan luar negerinya”. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.