Maroko, Israel Tandatangani Kesepakatan Keamanan Siber

Maroko dan Israel menandatangani perjanjian kerja sama bilateral pertama di bidang keamanan siber pada 15 Juli 2021. (Foto : Twitter)

Rabat, MINA – dan menandatangani perjanjian kerja sama bilateral pertama di bidang keamanan siber, demikian dikutip dari MEMO, Jumat (16/7).

Kepala Misi Diplomatik Tel Aviv di Rabat, David Govrin, menjelaskan di Twitter,  perjanjian itu akan memungkinkan kedua negara  berpartisipasi dalam “kerja sama operasional, penelitian dan pengembangan, dan berbagi informasi dan pengetahuan.”

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Yigal Unna, Direktur Jenderal Direktorat Siber Nasional Israel, Kepala Direktorat Jenderal Keamanan Sistem Informasi Maroko El Mostafa Rabii, dan Menteri Pertahanan Maroko Abdellatif Loudiyi.

Israel dan Maroko mengumumkan dimulainya kembali hubungan diplomatik pada Desember 2020 setelah dihentikan pada tahun 2000. Langkah itu dilakukan sebagai imbalan pengakuan AS terhadap kedaulatan Rabat atas Sahara Barat.

Beberapa hari kemudian, Perdana Menteri Maroko Saad Eddine El Othmani menandatangani “deklarasi tripartit bersama” dengan Israel dan Amerika Serikat di Rabat. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)