Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma’ruf Amin: Pemahaman Agama Khatib Harus Lurus dan Benar

kurnia - Sabtu, 15 Februari 2020 - 20:26 WIB

Sabtu, 15 Februari 2020 - 20:26 WIB

0 Views ㅤ

Foto: DMI

Jakarta, MINA – Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menyatakan, pemahaman agama seorang khatib harus lurus dan bacaan al-Qur’an nya harus benar.

Khatib juga harus memiliki kompetensi tertentu dalam ilmu keislaman dan komitmennya pun harus benar. ucapan khatib benar-benar membawa kemaslahatan bagi umat,” demikian Wapres dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II dan Halaqah Khatib Indonesia. di Istana Wapres RI, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Khatib harus memiliki kompetensi, pemahamannya tentang agama harus betul, harus lurus. Cara pengucapan lafaz-nya harus benar. Jadi harus diseleksi khatib itu, harus punya kompetensi,” kata Ma’ruf.

Menurutnya, seorang khatib juga harus memiliki sertifikat dengan kompetensi tertentu dan memiliki komtmen kebangsaan yang kuat. “Posisi khatib sebagai penceramah akan sangat berpengaruh pada cara berpikir, bersikap, dan bertindak dari umat Islam,” ujarnya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Khatib itu omongannya betul-betul harus membawa kemaslahatan. Makanya (itu sebabnya) perlu ada sertifikasi khatib, yang bacaannya benar, komitmennya benar, diberi sertifikat. Nanti Ikatan Khatib DMI mempertanggungjawabkan itu,” papar Ma’ruf.

Ma’ruf pun menegaskan, pentingnya seorang khatib untuk memiliki pemahaman agama Islam yang benar, baik dari segi pelafazan maupun pemaknaan terhadap ayat-ayat Qur’an. “Jadi ceramah yang disampaikan para khatib tidak disalah artikan oleh umat Islam,” ucapnya.

Lanjutnya, seorang khatib juga harus memiliki komitmen kebangsaan yang kuat di tengah merebaknya ajaran-ajaran radikal di kalangan umat Islam.

Ia berharap agar khutbah yang disampaikan oleh para khatib di setiap ibadah shalat Jumat dapat memuat nilai-nilai Pancasila dan prinsip-prinsip Negar Kesatuan RI NKRI.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

“Pancasila telah disepakati sebagai ideologi bangsa. Dalam perspektif Islam, Pancasila merupakan kalimatun sawa yang berarti kesepakatan atau titik temu. Dengan adanya titik temu Pancasila itulah kemudian NKRI hadir,” jelasnya.

Konsekuensinya, lanjut Ma’ruf, pesan-pesan dakwah yang disampaikan oleh para khatib harus berada di dalam bingkai kenegaraan Indonesia.

“Dakwah kita harus dalam bingkai kebangsaan dan kenegaraan. Pancasila dan NKRI itu adalah kesepakatan, sebabnya kita tidak boleh membawa sistem lain selain NKRI,” katanya

Dia mengatakan, penyebab sistem khilafah tertolak di Indonesia. Secara otomatis sistem khilafah yang menerapkan Islam sebagai ideologi bernegara akan tertolak di Indonesia. Penyebabnya negara Indonesia sudah menyepakati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

“Ini bukan soal Islami atau tidak islami, jadi kalau bicara khilafah itu tidak perlu keras-keras, proporsional saja sudah selesai,” jelasnya.

Salah satu hulu dari penyebaran ajaran Islam, Ma’ruf meminta para khatib untuk memiliki komitmen dalam menjaga keutuhan dan persatuan nasional. Misalnya mengajak umat Islam meningkatkan toleransi, baik kepada sesama umat Islam maupun umat agama lain. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: 20 Tahun Pembunuhan Munir, Amnesty Internasional Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus

 

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Breaking News
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia