MARUGAME UDON AND TEMPURA TERIMA SERTIFIKAT HALAL MUI

(Foto: LPPOM MUI)
Penyerahan sertifikat oleh Direktur Lukmanul Hakim (paling kiri) kepada Marugame Udon and Tempura di Grand Indonesia.(Foto: LPPOM MUI)

Jakarta, 29 Muharram 1437/11 November 2015 (MINA) – Satu lagi resto berkonsep masakan , memperoleh sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bertempat di salah satu gerainya, Marugame Udon and Tempura di Grand Indonesia, Jakarta, resto milik PT Sriboga Ratu Raya, secara resmi menerima sertifikat halal MUI dari Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim.

Dengan diterimanya sertifikat halal MUI, Marugame Udon and Tempura memastikan bahwa menu yang disajikan telah memenuhi standar halal MUI, demikian siaran pers LPPOM MUI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (11/9).

“Banyak resto Jepang yang belum bersertifikat halal, namun kami memastikan bahwa Marugame Udon and Tempura telah terjamin halal. Dan resto ini menjadi resto Jepang halal pertama di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Sriboga Ratu Raya, Alwin Arifin.

Saat ini, resto franchise dari Jepang itu, mengelola 21 gerai Marugame Udon and Tempura yang telah memperoleh sertifikat halal, yang tersebar di Jakarta, Semarang, Medan, Pontianak, Makasar, dan Balikpapan.

Alwin mengakui, proses pemeriksaan halal oleh LPPOM MUI sangat cermat dan detil, sehingga ketika dinyatakan lolos dan berhasil memperoleh sertifikat halal MUI, pihaknya merasa sangat bangga. Terlebih lagi, selama ini LPPOM MUI dikenal sebagai lembaga halal paling berpengaruh di dunia.

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim menyatakan, upaya Marugame Udon and Tempura Indonesia untuk memperoleh sertifikat halal MUI patut diapresiasi. Selain untuk memenuhi tuntutan konsumen, langkah tersebut juga membantah persepsi publik bahwa resto Jepang akan sulit dinyatakan halal.

“Memang proses pemeriksaannya sangat lama untuk memenuhi standar halal MUI. Namun, berkat komitmen dari pucuk pimpinan perusahaan, baik yang di Indonesia maupun Jepang, akhirnya Marugame Udon bisa mendapatkan sertifikat halal MUI,” kata Lukmanul Hakim.

Diterimanya sertifikat halal MUI oleh Marugame Udon and Tempura semakin menambah daftar resto berkonsep Jepang yang sudah bersertifikat halal. Meski dengan varian menu dan konsep resto yang berbeda-beda, saat ini telah ada resto ala Jepang lain yang bersertifikat halal, yakni Hoka Hoka Bento, Sushi Bar, Sushi Bodo, Gokana Tepan and Ramen, dan Yoshinoya.(T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0