Masa Tanggap Darurat Banjir Sentani Beralih ke Tahap Pemulihan

Sentani, MINA – Setelah 14 hari melalui masa tanggap darurat, penanganan bencana banjir bandang di Distrik Sentani, Jayapura, Papua, disepakati tidak diperpanjang dan dilanjutkan dengan transisi menuju pemulihan.

Hal ini ditetapkan melalui rapat koordinasi dan melihat situasi kondisi yang ada. Rencananya, pemulihan sendiri akan berlangsung selama 3 bulan yaitu 30 Maret hingga 27 Juni, demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (30/3).

Dijelaskan, selama masa transisi darurat menuju pemulihan, hal-hal yang dilakukan di masa tanggap darurat dapat dilanjutkan kembali kecuali pencarian korban.

Status transisi darurat ini hanya administrasi agar dalam penanganan bencana dimungkinan kemudahan akses dalam penggunaan anggaran, pengerahan personil, logistik, peralatan dan lainnya.

Saat ini, pendataan kerusakan fisik masih terus dilakukan. Data sementara kerusakan akibat banjir bandang yakni, 2.287 rumah, 59 sekolah, lima jembatan, duaGereja, tiga kantor pemerintahan, serta ada 104 ruko, satu Pasar dan satu Puskesmas rusak berat.

sendiri akan tetap mendampingi BPBD dan memberikan bantuan untuk korban bencana selama masa transisi. (R/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.