Masjid Agung Sunda Kelapa Adakan Kegiatan Khusus Bulan Ramadhan

Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat

Jakarta, MINA – Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan, setiap tahunnya beberapa masjid di Jakarta mengadakan kegiatan khusus, salah satunya Masjid Agung Sunda Kelapa yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Salah satu staf Dewan Kemakmuran Masjid  (DKM) Sunda Kelapa Rahma Khairunnisa mengatakan, Kegiatan Ramadhan 1440 H Masjid Sunda Kelapa sendiri sudah dimulai sebelum memasuki bulan Ramadhan.

“Kita ada beberapa kegiatan sebelum Ramadhan, di antaranya Tarhib Ramadhan oleh Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa (RISKA), I’tikaf Muslim Youth Night oleh RISKA, pembagian 2.000 pak sembako oleh ibu-ibu Majelis Taklim (MTII) dan Haflah  Sima’an oleh 6 Imam Masjid,” ujarnya saat ditemui MINA pada Jumat (10/5).

“Adapun kegiatan Ramadhannya ada buka puasa bersama, masjid membagikan sekitar 800 hingga 1.600 nasi boks dan takjil, yang beberapa juga merupakan dari sumbangan dari jamaah,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan beberapa kegiatan lainnya, yakni shalat tarawih berjamaah dan ceramah tarawih bersama imam dari Timur Tengah, Pesantren Kilat anak-anak asuh Masjid Agung Sunda Kelapa (PASKA) sebanyak 200 anak asuh.

Kuliah subuh Sabtu dan Ahad, Bazar Ramadhan, I’tikaf 10 hari terakhir, I’tikaf Akbar di Malam 27 Ramadhan dan Sahur Ramadhan on d’road dari siswa-siswa beberapa SMA di Jakarta bersama anak-anak Yatim.

Rahma juga mengungkapkan, Jumlah Jama’ah sendiri meningkat memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, terutama di I’tikaf Akbar pada 27 Ramadhan.

Masjid Agung Sunda Kelapa adalah salah satu masjid yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat.

Masjid ini dibangun atas prakarsa Ir. Gustaf Abbas di tahun 1960-an dan selesai dibangun pada 1971.

Menempati area 9.920 m², Masjid Agung Sunda Kelapa mampu menampung 4.424 jamaah. Hal Ini ditunjang dengan Ruang Ibadah Utama Masjid Sunda Kelapa, Aula Sakinah, dan Serambi Jayakarta. (L/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)