MASJID DI MANCHASTER TAWARKAN WISATA GRATIS BAGI NON-MUSLIM

Foto: OnIslam
Foto: OnIslam

Manchester, 19 1436/6 Juli 2015 (MINA) –Sebuah masjid di Manchester, Inggris menawarkan wisata gratis selama bulan suci Ramadhan, dilanjutkan acara buka puasa dan makan malam dengan ratusan jamaah. Pengelola masjid melihat Ramadhan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang Islam.

“Kami telah mendapat respon yang sangat baik sejauh ini. Bagi banyak peserta tur, ini pertama kalinya mereka menginjakkan kaki di masjid,” kata  relawan masjid Khirza, Sajjad Amin (35) kepada Manchester Evening News, Sabtu (4/7).

“Ide di balik tur ini adalah berbagi kebahagiaan di Ramadhan dengan masyarakat sekitar, sekaligus membantu mereka untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Islam,” katanya. demikian OnIslam dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Ketika orang-orang datang dan Anda berbicara dengan mereka, Anda akan menemukan tidak ada perbedaan besar yang memisahkan di antara kita,” ujar Sajjad Amin.

Program itu diselenggarakan oleh Masjid UKIM Khirza di Cheetham Hill Road, wisata gratis dan buka puasa yang bertujuan memperbaiki citra di Inggris.

Di masjid yang sangat besar itu, pengunjung diajak untuk bergabung dengan 300 jamaah untuk makan-makanan tradisional asal Asia termasuk samosa, bhajis, kebab, kari dan permen.

Pengunjung juga menawarkan tur singkat dari masjid Cheetham Hill. Sejak awal Ramadhan, masjid itu telah dihadiri oleh staf Royal Mail, petugas polisi setempat dan kelompok guru.

Masyarakat di Manchester diimbau untuk turut serta dalam wisata dan buka puasa yang akan diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis, 7-9 Juli dan Senin 13 Juli.

Inggris memiliki populasi hampir 2,7 juta Muslim. Ramadhan di negara itu dimulai pada Kamis (18/6) lalu dan diharapkan berakhir pada tanggal 16 Juli mendatang.

Selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan dapat menjauhkan diri dari makanan, minuman, merokok dan bergaul suami-istri dari fajar sampai matahari terbenam. Mereka yang sakit dan bepergian jauh dibebaskan dari berpuasa terutama jika itu menimbulkan risiko kesehatan.

Puasa dimaksudkan untuk mendidik umat Islam dalam kesabaran, kontrol diri dan spiritualitas, selama bulan suci didedikasikan untuk semakin dekat dengan Allah meningkatkan ibadah shalat, membaca Al-Qur’an dan melakukan perbuatan baik. (T/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0