Masjid Terbesar di Eropa Dibangun di Strasbourg, Perancis

Strasbourg, MINA – Sekretaris Jenderal Asosiasi Turki-Muslim IGMG, Bekir Altas, mengatakan sedang dilaksanakan pembangunan masjid terbesar di Eropa, Masjid Sultan Eyup, di Strasbourg, Perancis, dekat perbatasan dengan Jerman.

“Masjid Sultan Eyup dibangun menurut arsitektur Ottoman di atas tanah seluas 15 hektar, kompleks keagamaan tersebut akan mencakup masjid untuk 3.000 orang, ruang konferensi, sekolah, dan perpustakaan, serta tempat parkir mobil berkapasitas 600 kendaraan dan tempat parkir sepeda,” katanya saat meninjau pembangunan masjid, Rabu (5/5).

Kemajuan pembangunan masjid sudah 70% dan akan selesai akhir tahun ini.

Altas memuji kepala pemerintah Kota Strasbourg yang memperlakukan Muslim di sana seperti komunitas-komunitas lainnya (Katolik, Kristen dan Yahudi). Salah satu buktinya adalah dengan memberi pelayanan yang sama, tanpa diskriminasi dan memberi sumbangan.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Rabu (5/5) selama kunjungannya ke Strasbourg, kota Prancis yang dekat dengan perbatasan Jerman, Altas juga menepis tuduhan dari para politisi yang ditujukan kepada IGMG bahwa lembaganya merupakan kelompok radikal.

Presiden Asosiasi Masjid Sultan Eyup, Eyup Sahin, mengatakan bahwa pada Oktober 2020, mereka telah meminta bantuan keuangan dari Kota Strasbourg untuk pembangunan masjid dan pemerintah kota menerima permintaan ini pada Maret 2021.

Tapi kemudian, bantuan itu tak jadi diambilm untuk menghindari politisasi bantuan menghadapi pemilihan umum..

“Negara Prancis tidak mencampuri urusan internal umat beragama sesuai dengan prinsip sekularisme. (T/R4/P2)

 

 

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.