Masjidil Haram dan Madinah Siapkan Layanan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Makkah, MINA – Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meningkatkan pelayanan sepanjang waktu untuk menyambut jamaah pada 10 hari terakhir Ramadhan, Saudi Press Agency melaporkan, Ahad (2/5).

Keamanan, pembersihan dan sanitasi ditingkatkan untuk memastikan keamanan dan perlindungan jamaah.

Pintu tambahan juga dibuka, dan ada titik masuk dan keluar yang lebih diatur, termasuk jalur buat  orang-orang dengan kebutuhan khusus untuk memudahkan pergerakan jamaah yang ingin melakukan umrah.

Ada distribusi air Zamzam yang lebih besar kepada pengunjung di Mataf, area putih di sekitar Ka’bah, dan halaman Masjidil Haram.

Langkah-langkah ini diambil untuk memenuhi persyaratan tindakan pencegahan Covid-19.

Lebih dari 4.000 pekerja telah dikerahkan untuk membersihkan dan mengharumkan Masjidil Haram, yang dibersihkan 10 kali sehari.

Lebih dari 80.000 liter pembersih dan 1.600 liter parfum digunakan setiap operasi pembersihan. Lebih dari 500 dispenser pembersih tangan yang dilengkapi sensor telah didistribusikan.

Sekitar 200.000 botol air didistribusikan di Mataf melalui kendaraan pribadi. Air juga tersedia di jalan setapak, ruang sholat lantai pertama untuk orang-orang berkebutuhan khusus, ruang Raja Fahd dan Raja Abdullah, pintu masuk dan tangga.

Lebih dari 100 pemandu ditempatkan di pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, mengarahkan, mengatur masuk dan keluar, membimbing mereka ke ruang sholat, dan mendukung petugas keamanan dalam membimbing jamaah.

Air dingin disemprotkan ke alun-alun masjid melalui 250 kipas untuk membantu mendinginkan suhu udara jamaah selama waktu sholat. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)