Maskapai Saudia Airlines Akan Mengangkut 106 Ribu Jamaah Haji Indonesia 2024

Kementerian Agama jalin kerja sama dengan maskapai Saudia Airlines, di Jeddah, Arab Saudi.
Kementerian Agama jalin kerja sama dengan maskapai Saudia Airlines, di Jeddah, Arab Saudi. (Foto: Kemenag)

Jeddah, MINA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief menyampaikan, selain Garuda Indonesia, maskapai akan mengangkut 106.000 tahun 2024 dalam perjalanan ke dan dari tanah suci.

Hal ini disampaikan Dirjen PHU Hilman Latief usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Saudia Airlines, di Jeddah, Arab Saudi.

“Alhamdulillah kita telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Saudia Airlines terkait penyediaan transportasi udara bagi Indonesia,” ujar Hilman, dikutip Senin (8/4).

“Rencananya, tahun ini Saudia Airlines akan mengangkut sebanyak 106.993 jamaah dan petugas haji Indonesia,” sambungnya.

Adapun jamaah dan petugas yang akan diangkut oleh Saudia Airlines tersebar pada 11 provinsi yang akan diberangkatkan melalui lima embarkasi.

Baca Juga:  Dukung Wisata Ramah Muslim, LPPOM Fasilitasi Sertifikasi Halal 744 UMK

Pertama, Embarkasi Riau yang akan memberangkatkan jemaah dari Provinsi Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

Kedua, Embarkasi Palembang yang akan memberangkatkan jemaah dari Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Ketiga, Embarkasi Jakarta yang akan memberangkatkan jamaah dari Provinsi Banten dan sebagian Jawa Barat.

Keempat, Embarkasi Kertajati yang akan memberangkatkan jamaah dari sebagian Provinsi Jawa Barat. Kelima, Embarkasi Surabaya yang akan memberangkatkan jamaah dari Provinsi Jawa Timur, Bali, dan NTT.

Hilman menambahkan informasi terkait dengan persiapan pengangkutan telah disampaikan oleh Saudia Airlines antara lain berupa kesiapan pesawat yang akan membawa jamaah haji Indonesia yang sudah memiliki jadwal penerbangan resmi yang disetujui GACA untuk mengangkut keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

Baca Juga:  Kesit Budi Handoyo Segera Dilantik Sebagai Ketua PWI Jaya

“Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih baik, lancar, dan terkendali sehingga jamaah dapat beribadah tetap dalam kondisi sehat, aman, dan nyaman,” harapnya.

“Kami sangat berharap semoga tahun ini layanan transportasi udara lebih berkualitas dari tahun lalu,” tambahnya. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.