Masyarakat Lampung Gelar Aksi Solidaritas Palestina dan Korban Bencana Sumbar

Massa Aksi Damai Bela Palestina yang digelar Aliansi Masyarakat Lampung di Tugu Adipura, Bandar Lampung, Sabtu (18/5/2024). (Foto: Iwan/MINA)

Bandar Lampung, MINA – Aliansi Masyarakat Lampung Cinta Palestina kembali menggelar aksi bela Palestina dan penggalangan dana bagi korban bencana di Sumatera Barat pada Sabtu (18/5) di Tugu Adipura, Bandar Lampung.

Korlap aksi, Gunawan Pharrikesit mengatakan gerakan ini bertujuan mengajak masyarakat agar tidak berhenti dalam menyuarakan perlawanan atas ketidakadilan yang dialami warga Palestina.

“Setiap kontribusi, sekecil apapun, memiliki nilai besar dalam membantu mereka yang membutuhkan. Kita harus bergerak dan melakukan perlawanan dengan yang kita miliki dengan memberikan apa yang kita mampu. Tidak bisa dengan uang, dengan doa,” ujarnya.

Aksi dimulai dengan longmarch dari masjid At-Taqwa menuju titik kumpul di Tugu Adipura, Bandar Lampung. Masa aksi membawa spanduk dan poster berisikan pesan perdamaian yang mendukung Palestina.

Baca Juga:  Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Gelar Shalat Idul Adha Ahad 16 Juni

Pengumpulan dana donasi dilakukan dalam dua bentuk berupa uang tunai dan transfer digital. Masyarakat yang tidak dapat hadir langsung dapat berpartisipasi dengan berdonasi melalui platform online.

“Berapapun nanti hasilnya akan kita bagi ke sumatera barat juga. Penyerahan langsung diserahkan ke yayasan yang berafiliasi ke Palestina, dan hasil donasi tidak dipotong sedikitpun untuk kegiatan,” ujarnya.

Setelah dilakukan aksi, lanjut Gunawan, juga nantinya akan dilanjutkan dengan penayangan film dan slide photo yang menggambarkan pembantaian di Palestina dengan audiens masyarakat umum, hal teknis dan waktunya akan menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

Menurut Gunawan, hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya dalam mengedukasi masyarakat bahwa kejahatan genosida dan pembunuhan tidak dapat dibenarkan.

Baca Juga:  MINA News, Kemlu RI Siap Bersinergi untuk Indonesia dan Palestina

Oleh karena itu, Aksi ini diharapkan tidak hanya menjadi sarana dalam menggalang dana semata tetapi juga untuk menyuarakan pentingnya terus membela palestina dan menyuarakan solidaritas bagi mereka yang terdampak bencana. (L/amy/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan