Masyarakat Lampung Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Bandar Lampung, MINA – Ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat Lampung mengadakan Aksi Solidaritas Palestina di kota Bandar Lampung, Jumat (5/4).

Aksi dimulai dengan longmarch dari Masjid At-Taqwa menuju Tugu Adipura Bundaran Gajah, Bandar Lampung.

Salah satu perserta aksi dari elemen pemuda dalam orasinya menekankan peran pemerintahan Indonesia yang seharusnya lebih besar untuk peduli terhadap palestina.

Sebab membantu Palestina adalah amanah yang tercantum dalam Undang-undang 45 yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

“Palestina termasuk negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, juga mendukung dana,” katanya.

Aksi ini merupakan aksi gabungan beberapa LSM kemanusiaan peduli Palestina dan komunitas-komunitas yang peduli terhadap kemerdekaan Palestina seerta kembalinya Masjid Al-Aqsa ke pangkuan kaum Muslimin.

Hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Great March of Return yang selalu diadakan setiap Jumat di perbatasan antara Gaza dengan Palestina yang saat ini dijajah oleh Israel.

Sampai saat ini pasukan Israel merespon aksi itu dengan menembakkan gas air mata dan peluru karet serta peluru tajam, tercatat 282 korban jiwa, dan melukai 31 ribu lainnya dengan luka yang berbeda-beda, termasuk 500 orang luka parah. (L/ahd/B01/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)