Masyarakatat Dunia Peringati Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina

Ramallah, MINA – internasional memperingati tanggal 29 November sebagai hari solidaritas internasional untuk . Berbagai aksi unjuk rasa dan pawai diadakan di beberapa kota.

Hari tersebut bertepatan dengan disahkannya Resolusi 181 pada 29 November 1947 yang tidak adil membagi wilayah Palestina.

Salah satu aksi dilakukan di Palestina dan markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir pada Rabu (29/11).

Seperti dikutip dari Wafa, di Ramallah, ratusan warga Palestina berpartisipasi dalam demonstrasi menyerukan kepada PBB untuk memikul tanggung jawabnya, memainkan perannya, dan melaksanakan keputusannya terkait dengan Palestina.

Para peserta pawai, yang diserukan oleh pasukan nasional, federasi dan serikat pekerja, berjalan di jalan-jalan Ramallah sambil meneriakkan slogan-slogan yang mengecam kejahatan terhadap rakyat Palestina dan pembantaian yang sedang berlangsung terhadap rakyat .

Baca Juga:  Turkiye Kecam Veto AS di DK PBB Halangi Pengakuan Negara Palestina 

Persatuan nasional diserukan untuk menghadapi kejahatan pendudukan Israel dan menekankan hak rakyat Palestina mendirikan negara merdeka serta menghentikan agresi Israel terhadap Jalur Gaza.

Di Hebron, selatan , peserta demonstrasi juga menuntut diakhirinya perang yang dilakukan Israel terhadap Jalur Gaza, menekankan penolakan mereka terhadap pengungsian dan pengusiran warga Palestina dari tanah air mereka serta menyerukan pembebasan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Liga Negara-negara Arab juga memperingati Hari Solidaritas Internasional dengan Rakyat Palestina di markas besarnya di Kairo dengan stan yang diselenggarakan untuk menekankan sentralitas isu Palestina, dan dukungan penuh serta solidaritas terhadap rakyat Palestina dalam perjuangan sah demi kebebasan serta kemerdekaan.(T/RE1/P2)

Baca Juga:  Fenomena Masyarakat Barat Dukung Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.