Mathla’ul Anwar Jakarta Apresiasi Pemprov DKI atas Kepedulian terhadap Ormas 

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Pengurus Wilayah Mathla’ul Anwar (PWMA) DKI menyatakan bersyukur Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempunyai kepedulian dan perhatian besar untuk memajukan Ormas-ormas yang ada di Jakarta, termasuk Mathla’ul Anwar Wilayah DKI Jakarta.

“Kami mengapresiasi perhatian Pemprov DKI untuk memajukan Ormas-ormas di Jakarta, termasuk Ormas Islam Mathla’ul Anwar Wilayah DKI Jakarta,” kata Ketua PWMA DKI KH Nurdin Achmad kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (5/10).

Menurut KH Nurdin, PWMA DKI selalu diundang pada acara-acara besar yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta, dan dalam surat undangan nama PWMA DKI  selalu berada pada urutan atas setelah Pengurus NU dan Muhammadiyah DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengirim utusan pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Mathla’ul Anwar DKI yang berlangsung di daerah Cipayung Kecamatan Megamendung Bogor Jawa Barat pada 29 Juni 2019.

Selain itu, baru-baru ini, tepatnya pada 28 September 2019 Gubernur DKI menugaskan Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat untuk menghadiri pengukuhan Gerakan Pramuka Pandu Cahaya Islam (PCI) Mathla’ul Anwar Wilayah DKI di Jelambar Jakarta Barat.

Pada kesempatan itu, Kabiro Dikmental Pemprov DKI mengapriasi pengukuhan PCI Mathla’ul Anwar DKI yang dilakukan oleh Ketua Umum PBMA KH Ahmad Sadeli Karim serta berjanji akan melibatkan PWMA DKI pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan keumatan yang dilakukan Pemprov DKI.

Menurut KH Nurdin, perhatian dan kepedulian Pemprov DKI terhadap Mathla’ul Anwar DKI akan terus diimbangi PWMA DKI dengan menjaga “trust” (kepercayaan) dalam turut memajukan ummat di Jakarta, baik di bidang pendidikan maupun dakwah dan sosial.

Ia menambahkan, Mathla’ul Anwar yang didirikan lebih dari satu abad yang lalu di daerah Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten itu kini sudah memiliki perwakilan di 30 provinsi, termasuk di DKI Jakarta.

KH Nurdin juga manyatakan bersyukur pada 2019 ini Mathla’ul Anwar DKI Jakarta mendapatkan dana hibah dari APBD DKI sebesar Rp.710.000.000 (Tujuh ratus sepuluh juta rupiah).

Dana hibah itu dipergunakan untuk berbagai kegiatan, di antaranya untuk peningkatan SDM Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar (PDMA) di lima Wilayah Kota dan PDMA Kabupaten Kepulauan Seribu berupa kegiatan saresehan “capacity building” (pembangunan atau penguatan kapasitas) pada akhir Mei 2019.

Dana tersebut juga dipergunakan bagi pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PWMA DKI Jakarta pada Juni 2019 di Puncak Jawa Barat dan pelatihan internship (magang) bagi kader muda dan mahasiswa serta Muslimat Mathla’ul Anwar se-DKI pada Juli dan Agustus 2019.

Bantuan dari Pemprov DKI itu juga dipergunakan untuk mendanai pelaksanaan pengajian tematik pembahasan kitab-kitab Syech Nawawi Al-Bantani yang dilaksanakan setiap bulan selama 12 kali pertemuan.

Terakhir, bantuan tersebut dipergunakan untuk mendanai pengukuhan dan pelatihan Gerakan Pramuka Pandu Cahaya Islam (PCI) Matha’ul Anwar Wilayah DKI yang mencakup lima Wilayah Kota DKI dan Kabupaten Kepulauan Seribu pada September 2019.

Menurut Ketua PWMA DKI, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melaksanakan Mudzakarah Keluarga Marhamah Mathla’ul Anwar se-DKI serta saresehan dan Focus Group Discussion (FGD) mengenai pendidikan dan dakwah.(L/R01/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)