Mbappe Bela Zidane Usai Komentar Le Graet Bikin Heboh

(Foto: dok. Viva Goal)

Paris, MINA – Top skor Piala Dunia 2022 bersuara membela sepak bola menyusul komentar meremehkan terhadap pemain hebat Prancis itu oleh Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet pada Ahad (8/1).

Dikutip dari Arab News, bintang Piala Dunia Mbappe mengunggah pesan di akun Twitternya Ahad malam dengan mengatakan, “Zidane adalah Prancis, Anda tidak boleh tidak menghormati legenda seperti itu.”

Mantan playmaker Zidane dianggap sebagai salah satu yang terhebat di dunia sepak bola dan memimpin Les Bleus meraih gelar Piala Dunia pertama mereka pada tahun 1998. Dia kembali menjadi bintang ketika mereka memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 2000. Dia mencetak gol di dua final Piala Dunia dan sekali kalah, seperti yang pernah dilakukan Mbappe.

Le Graet, yang baru-baru ini memperpanjang kontrak pelatih Prancis Didier Deschamps saat ini hingga Juli 2026, menjadi tamu di acara bincang-bincang radio RMC pada hari Ahad. Dia ditanya tentang rumor yang menghubungkan Zidane untuk mengambil alih peran kepelatihan Brasil yang kosong sejak kepergian Tite.

“Saya akan terkejut jika dia pergi ke sana. Tapi dia bisa melakukan apa yang dia suka, itu bukan urusanku. Saya belum pernah bertemu dengannya (Zidane), dan kami (FFF) tidak pernah mempertimbangkan untuk berpisah dengan Didier,” kata Le Graet kepada RMC. “Apakah saya akan kecewa jika (Zidane) pergi ke sana? Saya tidak peduli. Dia bisa pergi ke mana dia suka, ke tim besar, tim nasional … Apakah Zidane mencoba menghubungi saya? Tentu saja tidak, saya bahkan tidak akan mengangkat teleponnya.”

Menteri Olahraga Prancis Amelie Oudea-Castera, yang dilaporkan memiliki hubungan tegang dengan Le Graet, melangkah lebih jauh dari Mbappe, yang tweetnya tidak menyebut nama Le Graet. Dia meminta Le Graet untuk meminta maaf kepada Zidane. Dia bahkan menggunakan tanda petik dalam menyebutnya sebagai “presiden”.

“Kurangnya rasa hormat yang memalukan, yang menyakiti kita semua, terhadap legenda olahraga kita,” tulis Oudea-Castera di Twitter. “Seorang ‘presiden’ dari federasi olahraga papan atas di Prancis seharusnya tidak mengatakan itu. Mohon maaf, karena bertindak terlalu jauh pada Zidane.”

Le Graet telah menghadapi tuduhan pelecehan seksual dan FFF telah menjadi sasaran penyelidikan yang diperintahkan oleh Oudea-Castera. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.