Media Appreciation Night 2023: Ajang Apresiasi Jurnalis dan Media untuk Jakarta

Ajang apresiasi dan penghargaan Media Appreciation Night 2023diselanggarakan di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, 19 Januari 2024.(Foto: Istimewa)

, MINA – Sebagai bentuk apresiasi kepada rekan-rekan media yang tergabung dalam Aliansi Karya Jakarta untuk Indonesia (), PT Jakarta Propertindo (Perseroda) () mengumumkan berbagai kategori pemenang bagi para insan jurnalis dan media yang telah berkontribusi dalam mewartakan perkembangan pembangunan Kota Jakarta.

Ajang apresiasi dan penghargaan ini diberikan dalam acara Media Appreciation Night 2023 yang diselanggarakan di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, 19 Januari 2024 lalu.

Selain itu, Media Appreciation Night 2023 juga sebagai kegiatan puncak dari pelaksanaan yang diinisiasi oleh Jakpro sejak April 2023 lalu yakni, program Aliansi Karya Jakarta Untuk Indonesi (AKJI) dengan mengikutsertakan rekan-rekan jurnalis dan media pada serangkaian kegiatan peliputan acara Jakpro, mewartawakan isu-isu sekitar
Jakpro dan stakeholders.

Karya-karya peliputan dari kegiatan-kegiatan tersebut di-upload di-dashboard AKJI baik tulisannya yang sudah dimuat di medianya masing-masing maupun di akun media sosial maupun blog pribadi rekan-rekan jurnalis.

Hasilnya, terdapat sejumlah ratusan karya pemberitaan, yang juga dijadikan rujukan penilaian oleh penyelenggaran program untuk menentukan para pemenang pada program AKJI 2023 dari berbagai kategori.

Para pemenang ini diumumkan pada acara Media Appreciation Night 2023.

Sebagai penyelenggara Media Appreciation Night 2023, Jakpro mengapresiasi dukungan dari Perusahaan Anak Usaha maupun Perusahaan Mitra yang turut ambil bagian menyukseskan acara ini.

Kegiatan Media Appreciation Night 2023 juga didukung oleh PT Len Railway Systems (LRS), PT Migas Hulu Jabar ONWJ, KSO Proyek LRT Jakarta Fase 1B, PT Jakarta OSES Energi (JOE), dan PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP).

Kegiatan Media Appreciation Night 2023 juga dihadiri langsung oleh Direktur Utama Jakpro Bapak Iwan Takwin, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta Koharudin, perwakilan Perusahaan Anak Usaha dan Perusahaan Mitra. Serta dihadiri juga oleh Pimpinan Redaksi maupun Redaktur media massa.

Berikut adalah para penerima penghargaan: Kontributor Terbaik: Teddy Kurniawan (voi.id); Kontributor Terpopuler 1: Fransiakus Wisnu Wardhana (KOMPAS); Kontributor Terpopuler 2: Rana Setiawan (minanews.net); Kontributor Terpopuler 3: Noviana Geby (rri.co.id); Kontributor Terfavorit: Haura Hafizhah (republika.co.id); Karya Foto Jurnalistik Terbaik: Mochammad Risyal Hidayat (antaranews.com); Media Online Terbaik: voi.id; Media Cetak Terbaik: Kompas; dan Media Elektronik Terbaik: CNN Indonesia.

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin dalam sambutannya mengatakan, sebagai salah satu Badan Usaha milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakpro perlu menyeimbangkan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksinya) yakni sebagai agen Pembangunan yang membantu dan mendukung program stategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sekaligus menjalankan aksi-aksi bisnis guna menjaga performansi dan keberlanjutan Perusahaan.

Dalam rangka menjalankan dua tupoksi tersebut sekaligus beradaptasi dengan tantangan dan dinamikanya, tentunya Jakpro mengharapkan dukungan dan kolaborasi yang seimbang dari Media untuk mewujudkan pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan di Jakarta.

“Jakpro ingin bersinergi dengan para insan jurnalis dan media, jadi tentunya wadah ini adalah salah satu wadah yang paling baik, bisa komunikasi dengan media. Informasi dua pihak, dua arah bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya wadah seperti ini, insan media dapat terus memberikan hasil atau karya yang terbaik tentunya yang bisa berdampak langsung bagi Jakpro untuk perkembangan Jakpro maupun yang tidak langsung.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta Koharudin menyatakan Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung kegiatan AKJI.

“Kami memandang kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus edukasi Jakpro terhadap kinerja rekan-rekan media yang memberitakan pemberitaan bertonasi positif terhadap pembangunan di Jakarta, khususnya yang terkait langsung dengan Jakpro,” ujarnya.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)