MEDIA LAPORKAN UEA KIRIM SKUADRON JET TEMPUR KE YORDANIA

Jet Tempur Uni Emirat Arab dikitim ke Yordania dalam  melawan ISIS. (Foto: AFP)
Uni Emirat Arab dikitim ke dalam melawan ISIS. (Foto: AFP)

Abu Dhabi, 17 Rabi’ul Akhir 1436/7 Februari 2015 (MINA) – Kantor Berit Reuters melaporkan Sabtu (7/2), Uni Emirat Arab telah memerintahkan satu skuadron pesawat tempur F-16 dikirim ke Yordania untuk mendukung serangan terhadap kelompok bersenjata Negara Islam atau ISIS.

Sementara media Perancis AFP melaporkan, Kepala Deupti Angkatan Bersenjata Abu Dhabi, Mohammed Bin Mahkota Zayed Al Nahayan memerintahkan bergerak ke stasiun jet tempur di Yordania, Albawaba melaporkan yang dikuyip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Ini adalah dorongan besar dan akan membantu saudara-saudara kita memperpendek jarak terbang dan mengintensifkan serangan terhadap militan dari Yordania,” kata seorang sumber militer  kepada Reuters pada kondisi anonimitas (identitas dirahasiakan).

Awal pekan ini, Amerika Serikat telah mengumumkan UEA menarik pesawatnya dari koalisi serangan udara ketika pilot Yordania Muath Al-Kaseasbeh ditangkap oleh ISIS pada Desember.

Kamis (5/2), puluhan pesawat Yordania menggempur markas pelatihan dan penyimpanan senjata ISIS di Suriah. Serangan itu dilakukan sehari setelah Raja Yordania Abdullah II menyatakan perang terhadap ISIS.

Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Judeh mengatakan kepada CNN Jumat, serangan diperluas  dari Suriah hingga ke Irak, sebab ISIS beroperasi di dua negara itu. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0