Menag.: 212.732 Jamaah Haji Reguler Tahun Ini

Mekah, MINA – Menteri Agama (Menag) RI Lukman Saifuddin, di Makkah, Rabu (7/8) mengatakan, seluruh jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi pada Selasa, 6 Agustus 2019 kemarin, demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementrian Agama (Kemenag), jumlah jamaah haji reguler yang telah tiba di Arab Saudi berjumlah 212.732 jamaah yang tergabung dalam 529 kelompok terbang (kloter).

“Karena jumlahnya sangat banyak, maka   pemberangkatan jamaah ke Arafah dilakukan secara bertahap mulai Jumat (9/8) – Sabtu (10/8). Pada 9 Zulhijjah, atau Sabtu (10/8) pagi, seluruh jamaah sudah harus berada seluruhnya di Arafah,” ujar Lukman yang juga Amirul Haj Indonesia tahun ini.

Menurut Menag, jamaah akan diangkut ke Arafah menggunakan 21 bus yang telah disiapkan bagi masing-masing maktab.

Fase pemberangkatan jamaah haji dari Makkah ke Arafah pada 8 Zulhijjah yang bertepatan dengan 9 Agustus ini akan terbagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama, adalah jamaah yang akan diberangkatkan pada pukul 07.00 – 12.00 WAS.

Kedua, jamaah yang diberangkatkan pada pukul 12.00 – 16.00 WAS. Ketiga, pemberangkatan jemaah pada pukul 16.00 – 24.00 WAS.

“Tiga tahapan itulah yang harus dipahami oleh jamaah kita, agar mereka tidak perlu menunggu di luar hotel. Sudah ada petugas-petugas yang memandu, jadi sebaiknya jamaah menunggu di kamar sebelum waktunya keberangkatan,” pesannya.

Sementara, Kabid Transportasi PPIH Asep Subhana menyampaikan proses pemberangkatan jemaah dari Makkah menuju Arafah akan diawasi oleh pihak Maktab serta petugas transportasi PPIH. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)